Pemkab Batang siapkan tes cepat COVID-19 tamu undangan Presiden

id Pemkab Batang, tes cepat undangan Presiden

Pemkab Batang siapkan tes cepat COVID-19  tamu undangan Presiden

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Batang, Muchlasin. (Antara/Kutnadi)

Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah menyiapkan tes cepat COVID-19 bagi tamu undangan yang ikut kunjungan Presiden RI Joko Widodo yang rencananya hadir di daerah itu, Selasa (30/6), kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat dr Muchlasin.

"Kita sudah siapkan melakukan tes cepat bagi tamu undangan karena sesuai Protokol Kepresidenan mewajibkan semua tamu yang menghadiri kunjungan Presiden Jokowi harus dilakukan tes cepat," katanya di Batang, Senin.

Presiden Jokowi rencananya melakukan peninjauan kawasan industri PT Perhutani Nusantara IX seluas sekitar 4 ribu hektare di Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Selasa.

Ia mengatakan tim gugus tugas telah melakukan tes cepat COVID-19 kepada tamu undangan kunjungan Presiden RI yang kini sudah hadir di Hotel Sendang Sari Kabupaten Batang.

Adapun tamu undangan yang sudah dilakukan tes cepat COVID-19, kata dia, antara lain dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan PT Perhutani Nusantara IX.

"Tamu yang sudah dilakukan tes cepat COVID-19 sebanyak 12 orang dengan hasil non-reaktif. Adapun bagi tamu yang belum dilakukan tes cepat COVID-19 akan dilakukan di lokasi, besok," katanya.

Muchlasin mengatakan bagi tamu undangan yang nanti hasilnya reaktif COVID-19 maka dipastikan mereka tidak diperkenankan masuk ke titik lokasi kunjungan Presiden Jokowi.

Demikian juga, kata dia, bagi semua tamu yang sudah dilakukan tes cepat dan hasilnya negatif akan mendapat surat keterangan yang nantinya harus ditunjukkan pada petugas sebelum masuk ke titik lokasi.

"Ini semua kita lakukan seperti itu agar para tamu yang datang dalam kunjungan Presiden RI tidak membawa virus corona. Semua tamu undangan tanpa terkecuali termasuk wartawan harus mengikuti protokol kesehatan dengan dilakukan pengecekan suhu badan, cuci tangan, dan wajib memakai masker," kata dr Mukhlasin.
Baca juga: Pemkab Batang longgarkan aktivitas keagamaan sambut normal baru
Baca juga: Polres Batang bangun 106 Kampung Tangguh Nusantara Candi
Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar