Calhaj asal Banyumas masuki tahapan pembuatan paspor

id kabah

Calhaj asal Banyumas masuki tahapan pembuatan paspor

Umat Islam melakukan Tawaf keliling Kakbah. (Foto : ANTARA FOTO/AJI STYAWAN).

Purwokerto (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menginformasikan bahwa calon haji (Calhaj) asal wilayah setempat telah memasuki tahapan pembuatan paspor.

"Hari ini mulai tahapan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Cilacap," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Purwanto Hendro Puspito di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Dia menambahkan bahwa proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Cilacap telah dilaksanakan mulai hari ini dan akan berlanjut hingga 4 Maret 2020.

Baca juga: Embarkasi Donohudan terima mobil operasional jemaah haji dari BPKH

"Hari ini calon haji dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Purwokerto Barat, Purwokerto Timur dan Purwokerto Selatan telah menjalani pembuatan paspor dan semuanya berjalan dengan lancar," jelasnya.

Pada Jumat (28/2), ujar dia giliran calon haji asal Kecamatan Purwokerto Utara, Sokaraja, Kembaran dan Sumbang yang akan diberangkatkan ke Kantor Imigrasi Cilacap.

Sementara pada Senin (2/3), tambahnya giliran calon haji asal Kecamatan Baturraden, Kebasen, Kalibagor, Somagede, Banyumas, Kemranjen dan lain sebagainya yang akan diberangkatkan ke Kantor Imigrasi Cilacap.

"Calon haji dari kecamatan lainnya akan diberangkatkan pada Selasa (3/3) dan Rabu (4/3)," katanya.

Sementara dia mengimbau calon haji yang masih menunggu proses pembuatan paspor untuk menyiapkan seluruh dokumen yang akan dibutuhkan.

"Siapkan dokumen yang diperlukan agar proses pembuatan paspor berjalan lancar jangan sampai ada yang tertinggal," sebutnya.

Dia menambahkan, dokumen asli yang perlu dipersiapkan antara lain KTP, KK, surat nikah, akte lahir hingga ijazah.

Sementara itu dia juga mengemukakan bahwa pihaknya berharap seluruh pelaksanaan pembuatan paspor haji di Kantor Imigrasi Cilacap akan berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala berarti.

"Dengan demikian maka kami bisa melanjutkan dan mempersiapkan hal lainnya yang terkait dengan proses keberangkatan haji tahun 2020 ini," ujarnya.

Sebelumnya dia mengatakan kuota haji untuk Kabupaten Banyumas pada tahun 2020 sebanyak 1.120 orang.

Kendati demikian, lanjut dia penetapan kuota tersebut masih bersifat sementara sehingga masih ada kemungkinan mengalami perubahan.

"Jumlah kuota haji ini masih bersifat sementara karena bisa jadi pada masa yang akan datang ada perubahan atau bisa saja masih dapat bertambah," ucapnya.

Pewarta :
Editor: Immanuel Citra Senjaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar