Senkom mitra Polri jangan lebihi kewenangan penegak hukum

id bupati, senkom mitra polri, jangan lebihi, kewenangan, aparat penegak hukum

Senkom mitra Polri jangan lebihi kewenangan penegak hukum

Bupati Pati Haryanto. (Foto: Dok.)

Pati (ANTARA) - Sentra Komunikasi (Senkom) mitra Kepolisian Republik Indonesia diimbau agar dalam menjalankan fungsinya di tengah masyarakat tidak sampai melebihi kewenangan aparat penegak hukum, kata Bupati Pati Haryanto.

"Diadakannya lokakarya penguatan kelembagaan Senkom Mitra Polri di Kabupaten Pati ini tentunya sangat bermanfaat," ujarnya saat membuka kegiatan Lokakarya Penguatan Kelembagaan Senkom Mitra Polri Kabupaten Pati di Aula Pertemuan Sekretariat Senkom Desa Mustokoharjo, Pati, Jawa Tengah, Kamis.

Ia berharap anggota Senkom Mitra Polri tidak sampai berbuat di luar tugas atau wewenangnya.

Jika sampai membuat kesalahan atau membuat persoalan, kata dia, akan mencemari seluruhnya.

"Ibarat nila setitik rusak susu sebelanga, karena ulah satu atau dua orang yang jelek pasti dikonotasikan jelek semuanya," ujar Haryanto.

Senkom Mitra Polri sering hadir setiap ada kegiatan, baik saat peringatan hari-hari besar nasional maupun kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

"Terbukti bahwa setiap kali kita ada agenda hari-hari besar selalu hadir. Oleh karena itu, adanya pembekalan lokakarya ini agar tidak berlebihan karena Senkom memang sebagai Mitra Polri yang banyak membantu pemerintah maupun Polri," ujarnya.

Untuk itu, dia berharap, anggota Senkom tidak hanya sekadar hadir, tetapi mengetahui apa tujuan dan kegunaan kegiatan ini.

Apabila tidak mengetahui tugas pokok dan fungsinya, kata dia, akan menjadi persoalan.

Dengan adanya pelatihan semacam ini, menurut dia, tujuannya agar mereka memiliki bekal, sehingga memiliki arah yang jelas.

Ia pun berharap peran serta Senkom semakin meningkat dalam menambah kekuatan keamanan maupun juga menambah informasi yang ada di lapangan.

"Dengan adanya informan-informan yang ada di lapangan ini, bisa memudahkan pemerintah berkomunikasi atau menyelesaikan persoalan di masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokakarya Senkom Moh Husen menambahkan bahwa lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan keamanan serta ketertiban masyarakat, serta untuk mewujudkan partisipasi tentang pentingnya sinergi antara masyarakat dan Senkom Mitra Polri.

Selain itu, lanjut dia, lokakarya ini merupakan pertemuan penting, guna mendapatkan informasi dan materi mengenai peran dan fungsi kamtibmas di masyarakat melalui arahan Bupati Pati dan pencerahan pembicara dari Polres, Kodim, Kesbangpol dan BPBD.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Pati, Dandim 0718 Pati, perwakilan BPBD Kabupaten Pati, perwakilan Kesbangpol Kabupaten Pati dan 125 anggota Senkom Kabupaten Pati, serta Ketua Senkom Provinsi Jateng.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar