MUI Banyumas serukan untuk menjaga ukhuwah Islamiyah dan wathaniyah

id ukhuwah islamiyah,ukhuwah wathaniyah,mui banyumas

MUI Banyumas serukan untuk menjaga ukhuwah Islamiyah dan wathaniyah

Ketua MUI Kabupaten Banyumas KH Chariri Sofa. (Dok. Pribadi)

Purwokerto (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengingatkan masyarakat terus menjaga ukhuwah Islamiyah, persaudaraan antarsesama muslim, dan ukhuwah wathaniyah, persaudaraan antarsesama warga negara.

"Marilah kita sebarkan semangat bersaudara, menjaga ukhuwah Islamiyah dan wathaniyah," kata Ketua MUI Kabupaten Banyumas KH Chariri Sofa di Purwokerto, Jumat.

Dia mengatakan semangat ukhuwah Islamiyah dan juga ukhuwah wathaniyah akan mendatangkan suasana damai dan kondusif.

Chariri juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk terus menjaga rasa persatuan dan kesatuan serta merajut rasa persaudaraan.

"Terutama karena saat ini adalah bulan suci Ramadhan, maka perlu menjaga kesucian bulan Ramadhan jangan sampai tercederai dengan hal-hal yang kurang baik," katanya.

"Mari kita ambil nilai-nilai positif dari bulan Ramadhan, yakni harus menahan diri, termasuk menahan diri dari perbuatan yang mengarah kepada perpecahan," ia menambahkan.

Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Muridan sebelumnya juga mengingatkan bahwa dalam Al Quran juga disebutkan mengenai pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

"Al Quran Surah Ali Imran 103 berbunyi 'dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai'," katanya.

"Bila dikaitkan dengan bulan Ramadhan, maka logikanya bisa disusun seperti ini. Puasa di bulan Ramadhan diwajibkan secara kolektif. Kolektifitas mengharuskan persatuan. Maka, dalam ibadah puasa, spirit persatuan harus senantiasa dijaga," katanya.
 

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar