Tekuk Yaman 2-0, Vietnam pelihara peluang lolos 16 besar Piala Asia

id gelandang vietnam

Tekuk Yaman 2-0, Vietnam pelihara peluang lolos 16 besar Piala Asia

Gelandang Vietnam Quang Hai Nguyen dan pemain bertahan Ngoc Hai Que merayakan gol yang tercipta dalam pertandingan Piala Asia melawan Yaman pada Rabu (16/1/2019). (twitter.com/afcasiancup)

Jakarta (Antaranews Jateng) - Vietnam membuka peluang untuk lolos ke 16 besar Piala Asia sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, setelah dalam pertandingan terakhirnya di Grup D menang 2-0 atas Yaman dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Hazza bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab pada Kamis dini hari WIB.

Kedua gol kemenangan Vietnam tersebut dibukukan oleh Nguyen Quang Hai (38') dan penalti Que Ngoc Hai (64), demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Hasil tersebut membawa Vietnam menduduki peringkat ketiga dengan tiga poin, sedangkan Yaman berada di posisi juru kunci dan dipastikan tersingkir dengan koleksi nol poin.

Dengan situasi di mana kedua tim tidak akan mendapat keuntungan dari hasil imbang, permainan menyerang semestinya disajikan sejak awal laga, namun tidak ada tanda-tanda terciptanya kedua gol pada 30 menit pertama.

Momen berkualitas nyata pertama di pertandingan ini baru tercipta pada menit ke-38, meski Yaman keberatan mereka dihukum tendangan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan Mudir Abdurabu.

Quang Hai menambah penderitaan mereka dengan penyelesaian bagus dari situasi bola mati, ketika sang penyerang melepaskan sepakan melengkung yang melewati dinding pemain dan kiper Salem Al Haresh.

Yaman berusaha menaikkan tempo permainan setelah turun minum untuk menjaga harapan mereka, bagaimanapun hal itu justru membuat Vietnam mendapat hadiah penalti pada menit ke-64.

Laju Phan Van Duc dihentikan oleh tekel buruk Abdulaziz Al Gumaei di kotak terlarang, dan kapten Ngoc Hai tidak melakukan kesalahan saat melakukan eksekusi, mengecoh kiper Al Haresh.

Vietnam kini harus menunggu dan melihat situasi untuk mengetahui apakah mereka dapat lolos ke fase gugur, di mana empat pertandingan terakhir fase grup akan berlangsung pada Kamis.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Vietnam (5-4-1): Dang van Lam, Trong Hoang Nguyen, Tien Dung Bui, Ngoc Hai Que, Van Hau Doang, Phong Hong Duy, Quang Hai Nguyen, Luong Xuan Truong (Nguyen Tien Linh 53'), Hung Dung Do, Phan Van Duc (Van Toan Nguyen 72'), Cong Phuong Nguyen (Minh Vuong Tran 82')

Yaman (5-4-1): Salem Al Harsh, Mohammed Ba Rowis, Ammar Hamsan (Abdulaziz Al Gumaei 57'), Mudir Abdurabu, Mohammed Boqshan, Alaaddin Mahdi, Ahmed Al Sarori, Wahid Al Khyat (Ahmed Alos 77'), Ala'a Al Sasi, Abdulwasea Al Matari, Emad Mansoor (Ahmed Dhabaan 25')

 

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar