Anggota DPR RI dan artis bersepeda promosikan wisata Borobudur

id borobudur,gowes,anggota dpr

Anggota DPR RI dan artis bersepeda promosikan wisata Borobudur

Sejumlah anggota DPR RI dan artis yang tergabung dalam komunitas "48 Bersepeda" mampir di Candi Pawon, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (9/8/2020). ANTARA/Heru Suyitno

Magelang (ANTARA) - Sejumlah anggota DPR RI dan artis, yang tergabung dalam komunitas "48 Bersepeda", gowes bersama di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu, untuk mempromosikan daerah tujuan wisata tersebut telah siap dikunjungi wisatawan pada era adaptasi kebiasaan baru ini.

Mereka yang tergabung dalam komunitas 48 Bersepeda tersebut antara lain Abdul Kadir Karding, Tommy Kurniawan, dan Mohammad Toha yang merupakan anggota Fraksi PKB DPR RI.

Kemudian penyanyi dan selebgram Natta Reza bersama istrinya Wardah Maulina, penyanyi Ifan Govinda, pemain bas Facial Dimas, pemain drum Facial Ipang, serta artis sinetron Lisanurahmi, Juliana Moechtar, dan Reza Aditya.

Mereka bersepeda dengan rute dari Balai Ekonomi Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur menuju Candi Pawon, Candi Mendut, dan Candi Borobudur.

Dalam bersepeda tersebut mereka sempat mampir di Galeri Bonsai Kelapa Borobudur dan Pawon Luwak Coffee. Mereka juga melakukan aksi sosial berupa pembagian paket kebutuhan pokok.

"Dalam bersepeda kali ini sengaja kita lakukan bersama teman-teman pekerja seni, ada beberapa artis yang bergabung dalam '48 Bersepeda' ini dan kita bersepeda di sekitar lokasi wisata Candi Borobudur dengan tujuan mempromosikan lokasi-lokasi wisata di sini bahwa pada era normal baru ini sudah siap dikunjungi," kata Abdul Kadir Karding.

Selain mempromosikan lokasi wisata, katanya, pihaknya juga membagikan paket di beberapa titik sebagai bentuk perhatian pada masyarakat Borobudur, di lokasi wisata yang sudah enam bulan ini mereka tidak bekerja.

"Hal itu harus segera dibantu bagaimana caranya agar lokasi-lokasi wisata ini berkembang kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya.

Ia menegaskan "48 Bersepeda" mempunyai beberapa tujuan, yakni mempromosikan budaya-budaya lokal, mempromosikan wisata agar ekonomi masyarakat berkembang, dan melakukan aksi sosial untuk kepedulian dan berbagi kepada masyarakat.

Tommy Kurniawan menuturkan saatnya sekarang perlu membantu pemerintah untuk mempromosikan tentang jaga kesehatan dan bersepeda ini tujuannya mempromosikan wisata sudah bisa dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Kemarin BPS menyampaikan bahwa Indonesia mengalami defisit PDB-nya, itu nanti secara perlahan mudah-mudahan di kuartal yang berikutnya bisa naik. Ini tujuan kita membantu bahwa ayo jaga kesehatan, ayo kita bantu sesama masyarakat Indonesia," katanya.

Ia menyampaikan berdasarkan informasi, beberapa indikator tentang pariwisata sudah mulai meningkat.

"Oleh karena itu, kita ke tempat-tempat wisata, dari kemarin kita ke Lembang Bandung, hari ini ke Borobudur, dan September nanti akan ke Bangka. Jadi, memang kita ini membantu untuk kita tunjukkan, kebetulan saya ada followers lumayan banyak dan begitu juga teman-teman artis ini. Alhamdulilah kita sudah new normal tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Prof. Dwi Maryanto: Candi Borobudur sumber ide kreatif-produktif
Baca juga: Pemkab dukung percepatan pengembangan KSPN Borobudur
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar