TNI-Polri bersinergi buka dapur umum selama Ramadhan di Solo

id surakarta,solo,dapur umum

TNI-Polri bersinergi buka dapur umum selama Ramadhan di Solo

Sejumlah petugas baik dari anggota TNI dan Polri saat menyiapkan menu makanan nasi kotak untuk dibagikan kepada masyarakat, di Markas Kodim 0735 Surakarta, Jumat (24/4/2020). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

Solo (ANTARA) - Anggota TNI dan Polri bersinergi di tengah pandemi COVID-19 dengan membuka dapur umum untuk membuat makanan yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, selama bulan Ramadhan.

Dapur umum tersebut diselenggarakan Korem 074/Warastratama, Kodim 0735/Surakarta, dan Polres Kota Surakarta di Markas Kodim 0735 di Solo, Jumat.

Menurut Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji, ada puluhan aparat gabungan yang membuat makanan untuk dibagikan kepada masyarakat selama bulan Ramadhan ini.

Dapur umum mulai dibuka pada puasa hari pertama dan rencananya hingga Lebaran mendatang dengan melibatkan personel dari Korem Detasemen Pembekalan Angkutan, Kodim Surakarta, dan Polresta Surakarta yakni Brimob Batalyon C Pelopor.

"Mereka bahu-membahu mulai memasak hingga pengemasan makanan, sebelum didistribusikan kepada masyarakat menjelang berbuka puasa," kata Dandim.

Dandim mengatakan pihaknya setiap harinya telah menyiapkan sebanyak 500 kotak nasi untuk dibagikan warga yang membutuhkan dan pendistribusian dilakukan secara bergilir setiap hari dengan berganti setiap kecamatan di Kota Solo.

Baca juga: Pasar Gede Solo imbau pedagang ikuti aturan wajib pakai masker

"Pembagian nasi kotak pada hari pertama puasa ini untuk warga di Kecamatan Laweyan. Lokasi pendistribusian meliputi Kelurahan Penumping, Sriwedari, Panularan, Bumi, dan Purwosari," katanya.

Menurut dia, untuk pendistribusian nasi kotak di setiap kelurahan sudah ada yang mengatur, dan ketua baik RT maupun RW sudah melakukan pendataan.

"Kami berharap distribusi makanan ini tepat sasaran dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi COVID-19 di Solo," katanya.

Ia mengatakan, anggaran untuk membuka dapur umum selama Ramadhan tersebut selain dari TNI-Polri, juga berasal dari para donatur.

Oleh karena itu, pihaknya membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan dapur umum tersebut. Apalagi, bertepatan dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah dengan menyisihkan rezekinya untuk sesama yang membutuhkan.

Pada acara pelepasan pembagian nasi kotak tersebut dihadiri Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Andy Rifai dan Komandan Korem 074/Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay.

Baca juga: Jumlah karyawan yang dirumahkan di Solo terus bertambah
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar