BPBD Temanggung produksi ribuan masker, dibagikan ke masyarakat

id bpbd temanggung,produksi ribuan masker kain, dibagikan masyarakat

BPBD Temanggung produksi ribuan masker, dibagikan ke masyarakat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, memproduksi ribuan masker kain yang akan dibagikan kepada masyarakat. ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memproduksi ribuan masker kain yang akan dibagikan kepada masyarakat sebagai upaya mencegah penularan virus corona (COVID-19).

"Kami dari BPBD Kabupaten Temanggung bersama teman-teman relawan dan SAR berkreasi membuat masker kain yang nantinya dibagikan kepada masyarakat secara gratis," kata Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Temanggung Edy Murjanto di Temanggung, Selasa.

Ia menyampaikan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, pada tahap pertama ini ditargetkan membuat 10.000 masker yang nantinya dibagikan kepada masyarakat Temanggung.

Edy menuturkan untuk dapat memproduksi sejumlah masker tersebut, setiap hari ditarget bisa menyelesaikan 300 masker.

"Personel yang terlibat cukup banyak dalam memproduksi masker ini, teman-teman bekerja sampai malam secara bergiliran. Pada siang hari teman-teman perempuan yang membuat dan malam hari oleh teman-teman laki-laki," katanya.

Menurut dia pembuatan masker kain di BPBD Kabupaten Temanggung tersebut sudah berlangsung selama lima hari.

Menyinggung tentang bahan baku, dia mengatakan mendapat dari para donatur dan juga mencari sisa kain di konveksi.

"Mungkin yang menjadi kendala, kita masih kekurangan mesin jahit. Mesin jahit memang banyak yang menyumbangkan dalam kondisi rusak kemudian kita perbaiki oleh anak-anak SAR sendiri," katanya.

Menurut dia jika target 10.000 masker selesai nanti segera dibagikan dan akan dilanjutkan lagi dengan pembuatan masker dengan target yang sama.

Ia mengatakan pembagian masker secara gratis ini nantinya akan dilakukan di pasar dan tempat-tempat keramaian lainnya.

Baca juga: 1.000 masker dibagikan pada Operasi Keselamatan di Pekalongan

Baca juga: PDIP Boyolali bagikan 50.000 masker ke puskesmas dan RS
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar