Tingkatkan SDM, UNS jajaki kerja sama dengan Universitas Jepang

id UNS, UEC, kerja sama,universitas jepang, uns kerja sama universitas jepang

Tingkatkan SDM, UNS jajaki kerja sama dengan Universitas Jepang

Penandatangan kerja sama antara UNS dengan UEC Jepang terkait peningkatan SDM. ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, sedang menjajaki kerja sama dengan University of Electro Communications (UEC), Tokyo, Jepang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"UNS sepenuhnya menyadari bahwa di dalam dunia globalisasi saat ini, kerja sama dengan perguruan tinggi dari berbagai negara adalah hal yang sangat penting, termasuk dengan UEC," kata Rektor UNS Prof H Jamal Wiwoho di sela penandatangan kerja sama dengan UEC di Solo, Kamis.

Pada penandatanganan kerja sama tersebut UEC diwakili oleh Presiden UEC Takashi S Fukuda

Baca juga: Tingkatkan program akreditisi, UNS perkuat SPMI

Ia mengatakan tujuan dari kerja sama ini terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa untuk memenuhi standar internasional.

Pihaknya berharap untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang bertaraf internasional tersebut, lulusan dari berbagai universitas mampu berkolaborasi untuk mendongkrak hasil riset yang ada.

"Ke depannya, kerja sama ini meliputi bidang pendidikan dan penelitian yang tercantum dalam nota kesepahaman," kata Jamal Wiwoho.

Sementara itu, Direktur Branch Office UEC UNS Budi Kristiawan mengatakan kerja sama tersebut merupakan kemajuan yang sangat baik mengingat perguruan tinggi di Jepang tidak mudah untuk diajak bekerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia.

"Perguruan tinggi di Jepang peringkatnya tinggi-tinggi sehingga UEC mau bekerja sama dengan kita itu bagus. Bahkan di UNS ini, UEC mau membuka 'branch office' (kantor cabang) dan menjadi satu-satunya di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan Kantor Cabang UEC akan menempati Gedung Pascasarjana lantai 5 UNS.

"Kantor ini akan dimaksimalkan sebagai ruang bekerja serta melayani mahasiswa UNS yang akan melakukan studi 'exchange' (pertukaran pelajar) maupun riset bersama UEC," demikian Budi Kristiawan.

Baca juga: UNS tekankan pentingnya sistem peringatan dini banjir
Baca juga: PPLH UNS minta masyarakat waspadai lokasi rawan bencana

 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar