Ma'ruf Amin akui sedikit tegang jelang pelantikan

id Pelantikan Ma'ruf Amin,pelantikan jokowi, pelantikan presiden

Ma'ruf Amin akui sedikit tegang jelang pelantikan

Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan di rumah dinas Jalan Situbondo Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/19/2019). ANTARA News/HO

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 KH Ma'ruf Amin meninggalkan kediaman di Jalan Situbondo Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, untuk selanjutnya menuju Gedung DPR/MPR/DPD RI menjalani prosesi pelantikan.

Ma'ruf Amin dan istri Wury Estu Handayani meninggalkan kediaman sekitar pukul 13.50 WIB mengendarai mobil sedan Mercedes Benz berpelat nomor B 1925 RFS dengan pengawalan ketat dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Ma'ruf mengenakan setelan jas berwarna hitam, kemeja putih, dasi merah dan peci warna hitam. Sementara sang istri mengenakan busana muslimah berwarna cokelat terang.



Sesaat sebelum meninggalkan kediaman, Ma'ruf Amin beserta keluarga sempat bersama melakukan doa bersama memohon agar acara pelantikan dapat berjalan dengan lancar.

"Dihilangkan hambatan-hambatannya, dimudahkan upaya yang kita lakukan, oleh karena itu sebelum berangkat saya ingin ajak kita semua untuk berdoa," ucap Ma'ruf.

Dia juga mengaku sedikit tegang jelang pengambilan sumpah jabatan sebagai Wakil Presiden.

"Deg-degan ya itu manusiawi ya, karena ini baru pertama kali dilantik jadi Wakil Presiden," ucap Ketua Umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024 dimulai pukul 14.30 WIB di Gedung DPR/MPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Pelantikan Presiden, panser Anoa disiagakan di depan kediaman Ma'ruf

Sidang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta lalu pembukaan sidang yang dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Berikutnya pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) oleh Pimpinan MPR. Setelah pembacaan keputusan KPU, dimulailah prosesi Pengucapan Sumpah Presiden dan Pengucapan Sumpah Wakil Presiden pada pukul 14.56 WIB.

Setelah pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan. Kemudian Pimpinan MPR menyerahkan Berita Acara Pelantikan.

Acara dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk Wakil Presiden dari Jusuf Kalla ke KH Ma’ruf Amin. Selesai pengucapan sumpah dan pertukaran tempat duduk Wakil Presiden, Pimpinan MPR kembali melanjutkan Sidang Paripurna MPR. Kemudian Pimpinan MPR mempersilakan Presiden Joko Widodo membacakan pidato perdana sebagai Presiden masa jabatan 2019 – 2024.

Usai presiden membacakan pidato, Ketua MPR kembali melanjutkan Sidang Paripurna. Kemudian pembacaan doa. Setelah pembacaan doa, Ketua MPR menutup Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019 – 2024.

Sidang Paripurna MPR diakhiri dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada pukul 15.48 WIB, sidang paripurna MPR selesai.

Selanjutnya foto bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Pimpinan MPR. Dan, pemberian ucapan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih dari tamu undangan dan tamu kehormatan negara sahabat.

Baca juga: Jadi Wapres, ada desakan Ma'ruf Amin mundur sebagai Ketua MUI
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar