Polbangtan Yo-Ma gelar donor darah Bareng PMI

id Polbangtan YoMa, donor darah

Polbangtan Yo-Ma gelar donor darah Bareng PMI

Donor darah di Polbangtan Yo-Ma (Foto: PolbangtanYoma/Tantyanuar)

Magelang (ANTARA) - Politenik Pembangunan Pertanian PolbangtanYogyakarta-Magelang (Polbangtan Yo-Ma) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia(PMI) Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan donor darah di ruang kelas G H, Polbangtan Yo-Ma, Jumat (1/3).

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 11. 30 dengan 84 pendaftar donor darah yang terdiri atas karyawan dan mahasiswa tingkat satu hingga tingkat empat.

Kegiatan donor darah merupakan salah satu program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR PMI di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang telah dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.

Tujuan dilaksanakan donor darah yaitu membantu PMI untuk mendapatkan lebih banyak stok darah dan mendorong gaya hidup sehat bahwa mendonorkan darah secara teratur itu penting karena membuat orang menjadi lebih sehat.

Mayadah Wulan Sari, selaku Ketua UKM KSR PMI, mengungkapkan tujuan lain dilaksanakan donor darah.

“Kegiatan donor darah
bertujuan selain dapat mengembangkan UKM KSR PMI Polbangtan Yo-Ma, juga dapat memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan donor darah yaitu mahasiswa mengisi daftar hadir kemudian mengisi formulir, melakukan penimbangan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, riwayat medis dan Hb darah bersama panitia pelaksana donor darah.

Setelah memenuhi syarat untuk donor darah, mahasiswa akan diambil darah oleh panitia PMI dengan berbaring pada tempat yang telah disediakan.

Panitia PMI juga menyediakan konsumsi kudapan dan kartu donor bagi pendonor setelah donor darah selesai dilaksanakan.

“Kegiatan sosial berupa donor darah diharapkan dapat dilaksanakan seca rarutin sehingga stok darah untuk PMI selalu terpenuhi dan mampu mendorong gaya hidup mahasiswa serta civitas akademika Polbangtan Yo-Ma,” jelas Mayadah. ***(PolbangtanYoMa/Tantyanuar)
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar