Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengalokasikan dana sebesar Rp23,7 miliar untuk tiga proyek perbaikan jalan yaitu peningkatan Jalan Perintis
Kemerdekaan Kecamatan Batang, jalan Tulis-Batiombo Kecamatan Tulis, dan jalan Kaliboyo-Pecalungan.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Batang (DPUPR) Kabupaten Batang Endro Suryono di Batang, Rabu, mengatakan bahwa saat ini tiga proyek tersebut sudah masuk tahapan lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

"Sudah ada tiga pekerjaan fisik peningkatan jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang kini masuk pada proses lelang," katanya.

Menurut dia, secara rinci tiga pekerjaan fisik yaitu peningkatan Jalan Perintis Kemerdekaan Kecamatan Batang sebesar Rp6,7 miliar, peningkatan jalan Tulis-Batiombo Kecamatan Tulis Rp10 miliar, dan peningkatan jalan Kaliboyo–Pecalungan Kecamatan Pecalungan Rp7 miliar.

"Saat ini, tiga proyek tersebut sudah mulai pada tahapan pemasukan dokumen penawaran," kata Endro Suryono.

Baca juga: PT Waskita diminta segera perbaiki jalan sesuai komitmen

Adapun, tiga proyek pekerjaan itu diperkirakan mulai tahapan konstruksi pada awal April 2021, masing-masing lama pengerjaan peningkatan jalan Tulis–Batiombo 150 hari kalender, jalan Kaloboyo-Pecalungan, dan peningkatan Jalan Perintis Kemerdekaan selama 120 hari.

Ia mengatakan konstruksi Jalan Perintis Kemerdekaan akan menggunakan aspal dengan ketinggian 30 sentimeter dengan panjang jalan 1,8 kilometer dan lebar variasi 6 meter hingga 8 meter.

Selain itu, kata dia, nantinya akan dilakukan penataan drainase di sisi utara Jalan Perintis Kemerdekaan dengan tujuan untuk menata wajah kota dan mengurangi banjir di sekitar jalan tersebut.

Kemudian untuk peningkatan jalan Tulis-Batiombo akan memiliki spesifikasi pekerjaan, panjang jalan 4,3 KM dengan lebar jalan 5,5 meter.

"Peningkatan jalan ini diharapkan dapat mendukung kegiatan proyek kawasan industri Batang yang berada di wilayah Kecamatan Tulis. Selain itu juga dapat mendukung keberadaan jalur alternatif pantura menuju wilayah Kecamatan Bandar, untuk kegiatan industri, pertanian, dan pendidikan," katanya.

Ia menambahkan untuk peningkatan jalan Kaliboyo–Pecalungan, nantinya akan menggunakan aspal hotmix dengan lebar jalan variasi 4 meter hingga 5 meter dan panjang jalan 3,4 KM.

Baca juga: Hati-hati, Belasan PJU di Pantura Batang Rusak

Pewarta : Kutnadi
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024