Batang, ANTARA JATENG - Belasan penerangan jalan umum di beberapa titik sepanjang jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, kini masih dalam kondisi rusak sehingga hal itu rawan menimbulkan kecelakaan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santosa di Batang, Rabu, mengatakan bahwa ada 16 dari 254 PJU di sepanjang jalur pantura masih rusak sehingga perlu segera dilakukan perbaikan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan satuan kerja Balai Perhubungan Jateng dan pemerintah pusat untuk membantu perbaikan PJU yang rusak agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan, apalagi kini memasuki arus mudik Lebaran," katanya.

Kendati demikian, kata dia, sambil menunggu bantuan dari Provinsi Jateng, pemkab telah melakukan antisipasi dengan memasang beberapa penerangan di sejumlah titik rawan kecelakaan.

Ia mengatakan idealnya jumlah PJU di pantura Batang sepanjang sekitar 57 kilometer itu terpasang 750 lampu sehingga hal itu akan membantu pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut.

"Kami berharap kondisi penerangan jalan umum di pantura segera dapat ditambah agar memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil," katanya.

Terkait dengan kondisi arus mudik Lebaran 2017, kata dia, hingga memasuki H-4 Lebaran 2017, arus kendaraan masih lancar dan aman.

"Belum terjadi kepadatan arus mudik Lebaran hingga menimbulkan kemacetan. Arus mudik yang melintas di jalur pantura masih fluktuatif," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024