Tanamkan nilai demokrasi, KPU Banyumas sosialisasikan hasil pemilu ke sekolah

id pemilu

Tanamkan nilai demokrasi, KPU Banyumas sosialisasikan hasil pemilu ke sekolah

Anggota KPU Banyumas Hanan Wiyoko. ANTARA/Wuryanti Puspitasari

Purwokerto (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas saat ini tengah menyosialisasikan hasil pemilu ke sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas yang ada di wilayah setempat.

"Menurut rencana kegiatan sosialiasi akan dilakukan sebanyak 12 kali, pada Oktober hingga Desember 2019 guna menyebarluaskan hasil pemilu ke sekolah dan komunitas," kata anggota KPU Banyumas Hanan Wiyoko di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Dia menambahkan, selain untuk menyosialisasikan hasil-hasil pemilu, pihaknya juga ingin menyebarluaskan keberadaan rumah pintar pemilu KPU Kabupaten Banyumas.

Baca juga: KPU Banyumas segera membentuk Desa Pelopor Demokrasi

"Selain sosialisasi hasil pemilu dan rumah pintar pemilu, kami juga ingin mendorong keberlangsungan proses demokratisasi di sekolah-sekolah, misalkan dalam praktik pemilihan ketua OSIS dan lain sebagainya," katanya.

Dia menjelaskan, KPU Banyumas ingin meningkatkan edukasi kepada para pelajar termasuk juga kepada masyarakat di wilayah setempat mengenai proses demokrasi dan pentingnya pelaksanaan pemilu di Tanah Air.

Dengan demikian diharapkan akan makin tumbuh kesadaran nilai-nilai berdemokrasi di tengah masyarakat di wilayah tersebut.

"KPU Banyumas juga ingin memperkenalkan tentang penyelenggara dan kegiatan kepemiluan serta penyampaian hasil Pemilu 2019," katanya.

Selain itu, kata dia, KPU Banyumas juga ingin mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas dan anti dengan politik uang.

"KPU Kabupaten Banyumas terus berupaya untuk menanamkan nilai-nilai berdemokrasi yang baik dan juga mendidik para calon pemilih atau pemilih pemula agar nantinya menjadi pemilih yang cerdas dan dengan tegas menolak praktik politik uang," katanya.

Sementara itu, pada kegiatan sosialisasi dipaparkan hasil Pemilu 2019 berupa daftar anggota dewan yang terpilih periode 2019 – 2024, baik dari DPR RI Jawa Tengah VIII, DPD Provinsi Jawa Tengah, DPRD Provinsi Jawa Tengah XI dan DPRD kabupaten/kota dari enam daerah pemilihan di Kabupaten Banyumas.

Baca juga: KPU Boyolali terima hibah Rp28,157 miliar untuk pilkada
Baca juga: Final, dana Pilkada Kota Surakarta Rp15 miliar

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar