Tiga desa di Banjarnegara masuk wilayah rawan konflik pilkades

id Pilkades Banjarnegara

Tiga desa di Banjarnegara masuk wilayah rawan konflik pilkades

Suasana berlangsunya pemilihan kepala desa, di salah satu TPS yang ada di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Senin (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, melakukan pemetaan wilayah yang disinyalir masuk kategori rawan konflik pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019 pada 31 Juli mendatang.

"Kami terus melakukan pemetaan wilayah yang rawan konflik pada pelaksanaan Pilkades," kata Kabag Ops Polres Banjarnegara Kompol Fauzan Widiarto, di Banjarnegara, Jumat.

Dia menjelaskan, pihaknya akan menempatkan masing-masing 18 personel kepolisian di wilayah yang masuk dalam kategori rawan konflik.

"Di wilayah yang masuk kategori rawan konflik kami akan menempatkan 18 personel, sementara di wilayah yang masuk kategori aman kami akan menempatkan masing-masing empat personel," katanya.

Dia menyebutkan, sejauh ini ada sekitar tiga desa yang masuk dalam kategori rawan konflik dan rawan perselisihan.

"Sementara ini ada tiga desa yang masuk kategori rawan konflik, di antaranya berada di Kecamatan Mandiraja dan Kecamatan Susukan," katanya.

Baca juga: Pemkab Batang tolak pilkades serentak melalui e-voting

Sebelumnya dia mengatakan, Polres Banjarnegara siap mengamankan pilkades di wilayah setempat.

Dia juga mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 470 personel guna memastikan pilkades berjalan lancar.

"Kami juga mendapatkan bantuan sebanyak 350 personel BKO dari Polda Jawa Tengah," katanya.

Dia menambahkan pihaknya siap mengantisipasi timbulnya berbagai gangguan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Pihaknya akan menerapkan manajemen keamanan yang terpadu, mengerahkan sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama secara sinergis dengan berbagai pihak terkait.

Dia berharap pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala desa dapat terwujud serta menjadi landasan menuju Banjarnegara yang makmur dan sejahtera.

Sementara itu dia mengingatkan, agar anggota yang bertugas melaksanakan sistem pengamanan secara terpadu sesuai dengan tugas dan peran masing-masing.

Baca juga: Polres Banyumas usut kasus judi Pilkades libatkan puluhan warga
Baca juga: Polres Banjarnegara siap amankan pilkades 2019

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar