Tips menyimpan dan membagikan foto saat Lebaran

id ponsel pintar,berfoto

Tips menyimpan dan membagikan foto saat Lebaran

"minikura" cloud storage system (Antara/Business Wire)

Jakarta (ANTARA) - Setiap pengguna ponsel pintar hampir selalu menenteng gawai mereka ke mana pun mereka bepergian pada hari Lebaran, bukan hanya untuk mengucapkan selamat hari raya melainkan juga untuk berfoto.

Semua orang ingin mengabadikan kebersamaan dengan keluarga dan kerabat yang mungkin jarang terjadi di hari-hari lain. Setiap orang berharap punya kisah tentang kebersamaan mereka saat kumpul Lebaran.

Akibatnya, memori ponsel pun cepat penuh karena tidak cukup mengambil foto satu kali. Saat pengguna akan membagikan foto, ada kalanya mereka menemui kesulitan karena banyak foto yang perlu dibagikan ke banyak orang.

Simak kiat berikut untuk menyimpan foto dan membagikannya kepada kerabat tanpa repot.

Baca juga: Tips foto "instagrammable" ala Rio Motret

1. Kosongkan ponsel
Hapus dan pindahkan foto-foto lama di ponsel ke perangkat penyimpanan ataupun komputer untuk menyediakan ruang penyimpanan tambahan. Jangan lupa, hapus juga aplikasi yang tidak pernah Anda dipakai.

2. Cloud storage
Penyimpanan berbasis awan bisa menjadi pilihan untuk menyimpan foto-foto saat Lebaran. Sebaiknya, Anda pilih foto yang ingin disimpan agar cloud juga tidak cepat penuh. Misalnya, pilih satu atau dua foto dari setiap sesi foto dan tidak perlu menyertakan foto yang kabur.

Penyimpanan di cloud juga akan mempermudah Anda saat membagikan foto. Pengguna cukup membagikan tautan ke setip orang yang ada di foto dan mereka dapat mengunduh foto-foto yang mereka inginkan.

Cloud storage yang populer digunakan masyarakat antara lain Google Drive, Dropbox, dan iCloud.

Baca juga: Samsung siapkan memori ponsel 1 terabyte generasi baru

3. Media sosial
Alternatif lainnya untuk menyimpan sekaligus membagikan foto adalah melalui media sosial. Buat album untuk masing-masing acara Lebaran yang didatangi dan unggah foto ke album tersebut.

Selain menyimpan, pengguna juga bisa membagikan foto tersebut ke masing-masing orang yang ada di foto dengan menlabeli nama akun mereka. Pastikan setiap orang di foto memiliki akun media sosial yang dipilih.

Media sosial yang cocok untuk berbagi foto seperti ini misalnya Facebook, Twitter, dan Instagram. Orang-orang yang ada di foto dapat mengunduh foto atau me-repost foto tersebut untuk menyimpannya di akun mereka sendiri.

4. Penyimpanan eksternal
Jika merasa selalu kurang ruang penyimpanan, kartu memori atau USB on-the-go dapat menjadi pilihan untuk menyediakan ruang penyimpanan tambahan.

5. Grup pesan instan (chat)
Jika merasa kesulitan membagikan foto-foto Lebaran satu per satu ke setiap orang, gunakan group chat di aplikasi pesan instan. Jika belum ada, Anda bisa mengundang orang-orang yang ada di foto tersebut untuk bergabung ke grup chat temporer.

Pastikan setiap orang yang ada di grup berkenan diajak bergabung ke grup temporer tersebut.

6. Email
Cara ini mungkin terkesan "jadul" untuk berkirim foto saat acara kumpul keluarga, namun, keuntungan mengirim foto lewat email adalah sesuai dengan ukuran asli sehingga kualitas foto terjaga.

Baca juga: Mungkinkah penyimpanan data blockchain geser teknologi cloud?
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar