60 anggota Himko Soloraya bakal ikuti gelaran IFEX 2019

id Himki, ifex 2019

60 anggota Himko Soloraya bakal ikuti gelaran IFEX 2019

Pengurus Himki memberikan keterangan terkait pelaksanaan IFEX 2019 (Foto: Aris Wasita)

Solo (Antaranews Jateng) - Sebanyak 60 anggota Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) Soloraya akan mengikuti Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta pada 11-14 Maret 2019.

"Pameran ini sudah lima tahun berjalan dan besok sudah di tahun keenam, harapannya pada tahun depan nilai transaksi bisa meningkat dibandingkan realisasi di tahun sebelumnya," kata Senior Project Manager PT Dyandra Promosindo Rizki Pahrudi di Solo, Kamis.

Sebagai catatan, dikatakannya, gelaran IFEX tahun 2018 berhasil menarik sekitar 11.429 "buyers" atau pembeli dan "visitors" atau pengunjung dari 114 negara.?

Selain itu, IFEX 2018 diikuti oleh lebih dari 500 peserta pameran dari dalam dan luar negeri dengan nilai "on the spot transaction" tercatat 350 juta dolar AS dan "follow up transcation" sebanyak 790 juta dolar AS.

"Sehingga total transaksi mencapai 1,14 miliar dolar AS. Harapannya untuk pelaksanaan tahun depan transaksinya bisa lebih baik," katanya.

Ia mengatakan untuk pembeli maupun konsumen IFEX selama ini didominasi oleh tiga negara besar di dunia, yaitu Australia, Amerika Serikat, dan Tiongkok.

"Tiga besar ini silih berganti menjadi `market leader`, untuk tahun 2018 Australia yang paling tinggi, baru kemudian Amerika Serikat diikuti Tiongkok," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Himki Soloraya Abdullah Hadi berharap pelaksanaan IFEX 2019 bisa mendongkrak penjualan mebel di Soloraya.

"IFEX merupakan salah satu event terbesar di Indonesia. Bahkan dari 60 anggota yang tertarik mengikuti IFEX 2019 ini sebagian masih masuk ke dalam `waiting list`," katanya.

Ia mengatakan adanya "waiting list" atau daftar tunggu tersebut mengingat terbatasnya ruang di lokasi pameran.

Sebelumnya, Ketua Umum Himki Soenoto mengatakan IFEX merupakan ajang unjuk gigi bagi pengrajin mebel di tanah air dan selalu dinantikan pelaksanaannya oleh pemain industri mebel dan kerajinan, baik dari dalam maupun luar negeri.?

"Oleh karena itu, berbagai upaya telah kami lakukan untuk memperkenalkan IFEX ke dunia internasional dan upaya itu mulai menampakkan hasil yang menggembirakan. Dari tahun ke tahun kami menerima `feedback` yang baik tidak hanya dari para pemain dan `buyers` lokal tetapi juga para pemain dan `buyers` dari luar negeri," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar