Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap sukses menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan memperoleh 694 kantong darah di Gedung Patra Graha, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (7/3)

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin PT KPI Cilacap bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap yang digelar setiap 3 bulan sekali.

Area Manager Communication, Relations and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan kegiatan tersebut menjadi wujud sinergi perusahaan dengan PMI yang sudah terjalin lama dalam berbagai sosial, salah satunya donor darah. 

"Dalam setiap penyelenggaraan donor darah, antusiasme penderma selalu melebihi target. Ini menjadi modal yang sangat penting untuk membantu PMI Cilacap," katanya.

Ia mengatakan yang menarik pada kegiatan kali ini adalah para penderma yang berhasil diambil darahnya diberikan paket sembako, berlaku bagi 400 penderma pertama. 

"Pembagian paket sembako ini menjadi wujud terima kasih kami atas kepedulian para penderma. Semoga bantuan ini bermanfaat," jelasnya.

Lebih lanjut, Cecep mengatakan dari 694 kantong darah yang berhasil dikumpulkan itu, sebanyak 173 kantong di antaranya adalah golongan darah A, 206 kantong darah B, 281 kantong darah golongan O, dan 34 kantong darah AB. 

Baca juga: Kilang Cilacap-PNC kerja sama kembangkan pengelolaan pertanian berkelanjutan

"Kami bersyukur bisa ikut berkontribusi pada aksi-aksi sosial kemanusiaan seperti ini. Terlebih, tidak lama lagi akan masuk bulan Ramadhan yang biasanya berdampak pada minimnya ketersediaan bank darah PMI," katanya.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Cilacap dr. Fahlian Wisnu Al Maarif mengapresiasi kepedulian PT KPI RU IV yang rutin menggelar donor darah. 

"Donor darah ini jelas sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan stok darah. Apalagi nanti pada bulan Ramadhan, di pekan pertama dan kedua kami tidak menggelar donor darah di luar gedung," jelasnya.

Ia mengatakan dalam penyelenggaraan donor darah di Gedung Patra Graha, PMI Kabupaten Cilacap juga melibatkan PMI Kabupaten Purbalingga mengingat tingginya antusiasme penderma. 

"Maka dari itu, perolehan 694 kantong darah dari kegiatan di Gedung Patra Graha, kami bagi dengan PMI Purbalingga untuk sama-sama mengamankan ketersediaan darah. Ini tentu sangat membantu, sehingga kami berharap kerja sama dengan PT KPI RU IV akan terus terjalin baik," kata Fahlian.

Baca juga: Kilang Cilacap gelar doa lintas agama untuk kesuksesan "turn around"
Baca juga: Kilang Cilacap bersinergi dengan Pemkab Cilacap atasi stunting

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024