Grobogan (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberikan bantuan berupa peralatan operasional kepada Satuan Banser Tanggap Bencana untuk mendukung penanganan kebencanaan.
“Yang tak kalah penting adalah mengajak semua stakeholder kebencanaan yang ada untuk bersinergi, bisa berupa pelatihan dan peralatan yang mendukung kegiatan penanganan kebencanaan,” kata anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Denny Septiviant.
Hal tersebut disampaikan saat penyerahan bantuan peralatan operasional kegiatan bagi Bagana dan Balantas PAC Ansor se-Kecamatan Kradenan, Gabus dan Polokulon di Aula MI As'salam Kradenan, Kabupaten Grobogan.
Ia mengatakan bahwa dasar kerelawanan yang diwariskan oleh para tokoh dan kiai dalam perjalanan bangsa ini menjadi kunci GP Ansor yang diimplementasikan pada hal kerelawan sosial, kemanusiaan, serta lingkungan hidup.
Dirinya berpesan kepada seluruh kader Ansor-Banser yang hadir untuk bersama-sama menjaga situasi kondusif di wilayah masing-masing.
"Menjelang tahun politik Pemilu 2024, peran Banser sangat dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan stabilitas politik nasional karena hal itu bersangkutan dengan hajat kehidupan orang banyak," ujarnya.
Mansata Indah Maratona selaku anggota Fraksi PKB DPRD Grobogan yang juga hadir dalam acara tersebut  menyampaikan bahwa Barisan Ansor Serbaguna Tanggap Bencana dibentuk sebagai satuan khusus Banser yang mengemban amanah melaksanakan program-program sosial kemasyarakatan GP Ansor serta memiliki kualifikasi khusus di bidang penanggulangan bencana.
“Fungsi dan tanggung jawabnya adalah pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi,” katanya yang juga menjabat Sektertaris PC Fatayat Grobogan.
Dengan demikian, bantuan peralatan tersebut berupa alat handy talkie, rompi lalu lintas, stik lalu lintas,  peralatan olah raga, dan beberapa peralatan penunjang kegiatan lain, diharapkan mampu memperlancar kinerja dan meningkatkan kapasitas Ansor dan Banser dalam pengabdian dan pelayanan ummat. 
"Bantuan HT untuk memudahkan komunikasi anggota yang ditugaskan sebagai tim lapangan. Tim lapangan ini juga nanti bisa disinergikan dengan mobil layanan ummat yang sudah kami operasionalkan selama empat tahun ini,” ujarnya.
Kharis dari PAC Ansor Polokulon menyampaikan terima kasih kepada  PKB yang sudah memberikan bantuannya.
“Bantuan ini bagian dari bentuk sinergi PKB dan Banom NU dalam menyikapi dinamika di masyarakat,” katanya.
Sementara itu, perwakilan PAC GP Ansor Kecamatan Gabus Damiri juga berharap bantuan ini bisa membantu operasional pihaknya.
“Kedepan agar PKB dan NU khususnya GP Ansor terus bisa bekerjasama dengan baik demi kemaslahatan umat,” ujarnya.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024