Magelang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor ekonomi yang paling strategis dan menjadi tulang punggung perekonomian nasional karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

Adi saat pembukaan Dekranasda Expo 2022 di Magelang, Sabtu, mengatakan UMKM juga merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian di Indonesia yang telah terbukti menjadi kunci pengaman selama masa krisis serta menjadi desiminator pertumbuhan ekonomi pasca krisis.

"Kami memandang bahwa kegiatan Dekranasda Expo ini menjadi satu sarana yang menggugah, membangkitkan serta memotivasi para pelaku industri kerajinan kreatif dan UMKM untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam rangka memperkuat ekonomi kerakyatan," katanya.

Baca juga: Pemkab Batang latih pelaku UMKM jadi eksportir

Ia menyampaikan akan ada peluang besar dalam pengembangan UMKM dan Industri kreatif kerajinan di Kabupaten Magelang, salah satunya karena adanya penetapan Candi Borobudur sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

"Kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur akan mengalami peningkatan. Selain itu, dengan adanya media pemasaran digital bisa membuka akses pasar secara langsung serta tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mencintai dan membeli produk UMKM," katanya.

Adi berharap kegiatan Dekranasda Expo tahun 2022 akan bisa membantu UMKM dan Industri kreatif kerajinan untuk memasarkan produknya serta menjaring mitra bisnis dan juga bisa mendapatkan pemahaman yang luas dalam kegiatan ini.

Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang Aslimah Edi Cahyana menyampaikan Dekranasda Expo 2022 merupakan kegiatan tahunan untuk mengangkat kerajinan lokal agar kualitas produk mampu berdaya saing di pasar lokal, nasional maupun internasional, sekaligus menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal.

Ia juga berharap kegiatan ini akan bisa mengenalkan produk-produk unggulan Kabupaten Magelang, memberikan motivasi kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk melalui akurasi produk, dan menjaring mitra bisnis.

Baca juga: Perkuat pasar dalam negeri, anggota DPR RI inisiasi pelatihan UMKM Temanggung
Baca juga: Pengoperasian "Omah UMKM Kudus" ditargetkan 2023
Baca juga: Dekranasda Surakarta komitmen bantu UMKM naik kelas

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024