Pekalongan (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, siap menjadi pelopor untuk menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya memberikan contoh pada masyarakat dalam pencegahan maupun penyebaran COVID-19.

Kepala Polres Pekalongan Kota AKBP Mochammad Irwan Susanto di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa anggota Polri sudah saatnya untuk memberikan contoh pada masyarakat agar mereka disiplin menjaga protokol kesehatan.

"Kami sudah menegaskan para anggota polres harus bisa menjadi pelopor disiplin menjalankan protokol kesehatan dan kamtibmas pada masyarakat di tengah masa pandemi seperti sekarang ini," katanya.

Dalam upaya menekan laju penyebaran COVID-19, polres bersama Kodim 0710/Pekalongan dan pemerintah daerah setempat terus melakukan pencegahan, seperti menggelar operasi yustisi dan penyemprotan disinfektan.

Baca juga: Kepatuhan masyarakat terhadap pengendalian Covid-19 harus jadi perhatian

Namun, hal yang terpenting lagi untuk menekan laju penyebaran COVID-19 adalah kepatuhan masyarakat dalam menjalan protokol kesehatan.

"Kami akan terus melakukan patroli agar masyarakat patuh prokes dan menjalankan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menjauhi kerumunan, dan mobilitas aktivitas," katanya.

Irwan tidak ingin menemukan atau mendapat informasi ada anggotanya yang justru mengabaikan protokol kesehatan di tengah masa pandemi COVID-19.

"Kami minta anggota Polri dapat memberikan contoh yang baik dengan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan pada saat bertugas maupun di lingkungan tempat tinggalnya," katanya. 

Baca juga: Anggota DPR desak perusahaan di Jepara terapkan prokes secara ketat
Baca juga: Perubahan perilaku masyarakat tentukan kesuksesan pengendalian Covid-19

Pewarta : Kutnadi
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024