Semarang (ANTARA) - Bank Jateng Cabang Wonogiri menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) setempat meluncurkan Donasi Digital Kemanusiaan dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Acara launching QRIS PMI dilaksanakan di Kantor Pusat PMI di Jalan Gatot Subroto No 22 Wonokarto, Wonogiri, Senin (10/5). 

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut dihadiri Ketua PMI Wonogiri, Perwakilan Bank Jateng Cabang Wonogiri, Perwakilan Ojol di Wonogiri, serta seluruh staf dan relawan PMI Kabupaten Wonogiri.

Dwi Handoyo selaku Ketua PMI Kabupaten Wonogiri menyampaikan Donasi Digital Kemanusiaan dengan QRIS merupakan upaya PMI memberikan wadah bagi masyarakat yang akan mendonasikan sebagian hartanya untuk kegiatan kemanusiaan di tengah pandemi yang terjadi saat ini. 

"Masyarakat yang ingin memberikan donasi melalui PMI dapat langsung scan QR Code QRIS yang ada," katanya.

Baca juga: Hardiknas, Bank Jateng berikan penghargaan ke guru dan siswa berprestasi

Dwi Handoyo juga mengajak bapak dan ibu seluruh tamu undangan untuk ikut mensosialisasikan dan mengaplikasikan QRIS kepada stakeholder maupun konsumennya.

"Dukungan dari bapak/ibu merupakan bentuk kepedulian sosial yang tak ternilai harganya, semoga semua jerih payah dan niat baik dari bapak/ibu semua dicatat sebagai amal dan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT," katanya.

Wahyu Widayati, selaku Ketua Tim Pemasar Bank Jateng yang hadir saat itu berharap kerja sama tersebut dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat luas dalam memberikan donasi melalui PMI.

Baca juga: Bank Jateng Kantor Kas RS UNS resmi beroperasi

QRIS Bank Jateng yang telah dilaunchingkan untuk PMI tersebut dapat digunakan masyarakat dalam melakukan pembayaran menggunakan platform jasa pembayaran manapun seperti mobile banking atau e-wallet baik dari bank maupun nonbank yang menyediakan fitur pembayaran melalui pemindai QR Code dari smartphone. 

"Dengan QRIS ini, setiap lokasi penerimaan donasi cukup scan di area tertentu yang sudah ada QR Codenya dan masyarakat dapat memasukkan nilai uang yang ingin didonasikan dan dana langsung terkirim," kata Widayati.

Di lain pihak, lanjutnya, PMI langsung menerima donasi dari masyarakat dan dapat langsung masuk ke rekening PMI yang ada di Bank Jateng Cabang Wonogiri, sehingga uang dapat masuk lebih cepat, aman dan nyaman karena tidak perlu mengelola uang tunai.

Baca juga: Bank Indonesia gandeng Bank Jateng sosialisasikan digitalisasi QRIS ADIPATI

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024