Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap kehadiran Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman akan menjadi daya ungkit dan mendongkrak perekonomian di wilayah setempat.

"Semoga keberadaan bandara akan menjadi daya ungkit perekonomian di Purbalingga dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa.

Dia menambahkan dengan adanya bandara diharapkan iklim investasi di wilayah setempat akan makin bertumbuh dengan baik.

Baca juga: Bandara JB Soedirman di Purbalingga ditargetkan beroperasi 1 Juni

"Kami harapkan investasi akan terus bertumbuh, sektor pariwisata akan makin ramai, industri bergerak, UMKM lokal di wilayah ini akan makin bangkit dan masyarakat Purbalingga akan makin sejahtera," katanya.

Pihaknya terus bersinergi dengan seluruh pihak terkait dalam rangka percepatan operasional Bandara JB Soedirman.

"Akhirnya perjuangan Kabupaten Purbalingga untuk memiliki bandara komersial semakin mendekati kenyataan, menurut jadwal pada tanggal 1 Juni 2021 mendatang, Bandara yang terletak di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja itu akan mulai beroperasi," katanya.

Dia menambahkan pada 1 April 2021 yang lalu pesawat ATR72-600 dari Maskapai Citilink telah melakukan uji coba dan mendarat dengan mulus di landasan pacu Bandara JB Soedirman.

"Pesawat itu lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta untuk melakukan proving flight atau penerbangan pembuktian dalam rangkaian uji coba menuju beroperasionalnya Bandara JB Soedirman," katanya.

Bupati berharap kehadiran Bandara JB Soedirman akan membawa banyak dampak positif bagi kemajuan di wilayah ini.

"Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh warga Purbalingga agar semuanya berjalan baik dan juga lancar tanpa adanya kendala berarti," katanya.

Sementara itu seperti diwartakan sebelumnya, tanggal 1 Juni 2021 merupakan target Bandara JB Soedirman untuk mulai beroperasi. Bupati mengatakan sebelumnya Bandara JB Soedirman ditargetkan mulai beroperasi pada 22 April 2021 namun tertunda karena beberapa hal.

"Sebelumnya operasional bandara ditargetkan 22 April 2021 namun karena ada kebijakan mudik Lebaran maka ditunda. Kendati demikian menurut informasi terbaru akan mulai beroperasi pada 1 Juni 2021," katanya.

Bupati berharap, target operasional JB Soedirman bandara pada tanggal 1 Juni 2021 ini akan terealisasi dan tidak tertunda lagi.

"Semoga diberi kelancaran agar mimpi masyarakat Purbalingga terkait operasional bandara ini akan dapat segera terealisasi," katanya.

Baca juga: Tenda untuk terminal sementara Bandara JB Soedirman telah terpasang

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024