Fokuskan fesyen, 152 toko online Jateng ramaikan UKM Virtual Expo II

id Umkm, expo, semarang

Fokuskan fesyen, 152 toko online Jateng ramaikan UKM Virtual Expo II

Dinkop UKM Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar UVO II pada 19-20 November 2020 khusus bidang fesyen dengan peserta 152 toko online. ANTARA/HO-Diskominfo Jateng

Semarang (ANTARA) - Sukses menggelar UKM Virtual Expo (UVO) pada Oktober 2020, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar UVO II pada 19-20 November 2020 dan kali ini khusus di bidang fesyen, dengan peserta 152 toko online.

Kepala Dinkop UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati menjelaskan pada UVO II ini khusus untuk UMKM yang bergerak di bidang fesyen, meliputi pakaian, asesoris, sepatu, tas, topi, dan lainnya.

“UVO I ada 42 (toko UKM fesyen), UVO II bertambah 110 (toko UKM fesyen). Total 152 (toko UKM fesyen). Para toko UKM yang ikut tersebut merupakan pelaku usaha kecil di bidang fesyen yang berhasil lolos kurasi,” kata Ema via pesan pendek, Rabu.

Dengan mengikuti UVO II ini, lanjut Ema, diharapkan semakin mengenalkan produk fesyen Jawa Tengah yang ternyata sudah beragam variasinya, sekaligus meningkatkan pemasaran produk fesyen Jawa Tengah. 

Keuntungan pada UVO II, kata Ema, masyarakat diberi pilihan yang sangat beragam terkait produk fesyen, ada diskon 20 persen untuk semua produk, termasuk bebas ongkos kirim sehingga harga lebih kompetitif. 

“Fasilitasinya ya mereka ikut pameran dengan gratis, beberapa produknya dipakai Bu Atikoh dan Pak Ganjar sebagai endorse, free ongkos kirim,” tambah Ema.

Baca juga: Penutupan, UKM Virtual Expo catat transaksi Rp3,1 miliar

Baca juga: Ganjar optimistis gelaran Virtual Expo 2020 bantu UMKM


Pihaknya menargetkan dunia mengenal fesyen Jateng yang mulai berkembang dan target selanjutnya yakni mencari local hero yang bisa diangkat. 

“Ingin menggugah teman-teman UKM kain untuk mulai berpikir memproduksi fesyen,” sambungnya.

Menurut Ema,  ke depan pihaknya akan melakukan UVO tematik agar masyarakat di luar paham benar produk asal Jawa Tengah, sehingga pemerintah jadi tahu potensi masing-masing sektor. 

Pihaknya juga tidak membatasi kuota pengunjung yang masuk di www.ukmvirtualexpo.com seperti pada penyelenggaraan UVO pertama mencapai 7.660 orang dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Bagi masyarakat yang akan ikut, pihaknya mempersilakan untuk berkunjung ke www.ukmvirtualexpo.com. Masyarakat bisa berselancar di sana, baik acara streaming maupun jualannya.

Dinkop UMKM Jateng berharap akan banyak masyarakat yang belanja dan membeli produk UMKM fesyen yang ada.

Disinggung apakah akan menargetkan transaksi penjualan di UVO kedua ini, mengingat saat UVO pertama membukukan transaksi sekitar Rp3 miliar, Ema menekankan target penjualannya tidak sebesar itu. 

"Karena kali ini fesyen saja,” pungkasnya.

Baca juga: BKOW Jateng dorong pelaku UKM tingkatkan nilai jual produk

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar