Festival Drumblek Kendal demi tumbuhkan ekonomi kreatif

id festival drumblek,festival drumblek di kampung warna,kampung warna kendal

Festival Drumblek Kendal demi tumbuhkan ekonomi kreatif

Salah satu peserta Festival Drumblek yang digelar di Kampung Ragam Warna, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. ANTARA/Wisnu Adhi

Semarang (ANTARA) - Festival Drumblek yang diikuti peserta dari berbagai daerah digelar di Kampung Ragam Warna, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Minggu (27/10), sebagai salah satu upaya menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat.

Drumblek merupakan salah satu kesenian favorit di Kampung Ragam Warna berupa seni tabuh yang memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar.

Lebih dari 20 grup peserta mengikuti Festival Drumblek yang menjadi wadah penyaluran bakar kreativitas, dimana alat musik yang dipukul terbuat dari berbagai jenis barang seperti seng, plastik, ataupun bambu.

Penyelenggaraan Festival Drumblek yang didukung oleh perusahaan cat Pacific Paint ini juga mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menumbuhkan wisata desa dan meningkatkan sektor pariwisata nasional.

Baca juga: Kendal target Desa Gempolsewu jadi tujuan wisata

Bupati Kendal Mirna Annisa yang hadir pada Festival Drumblek menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan festval ini karena dapat menumbuhkan kreativitas masyarakat, terutama generasi muda.

"Harapan kedepan Festival Drumblek bisa terus digelar, dan kampung-kampung wisata juga terus tumbuh berkembang," katanya.

Bupati Mirna juga meminta masyarakat untuk terus menjaga kebersihan Kampung Ragam Warna, yang menjadi tempat digelarnya Festival Drumblek yang sudah dua kali digelar.

Direktur Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso mengungkapkan pihaknya mendukung Festival Drumblek guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat yang turut menghadirkan keanekaragaman kostum, kekompakan, dan penampilan musik.

"(Festival Drumblek, red) ini sudah kali kedua digelar, kali ini lebih meriah ran ada kreativitas dari masyarakat yang menjadi peserta festival yang ikut dari Kudus, Tangerang, bahkan Jawa Timur," ujarnya.

Menurut dia, Pacific Paint sangat menghargai semangat gotong royong seluruh masyarakat Kampung Ragam Warna dalam menjaga lingkungan dan melestarikan seni budaya dengan menyelenggarakan kegiatan Festival Drumblek.

"Keterlibatan perusahaan dalam acara ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi anak-anak, remaja, serta warga dalam menampilkan kepiawaian dalam berkesenian," katanya.

Sebagai perusahaan yang sebelumnya telah memberikan warna-warni untuk warga di Kampung Ragam Warna, lanjut dia, diharapkan dukungan dari Pacific Paint dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam mengembangkan toleransi, kerja sama, kearifan lokal. 

Baca juga: Mirna terima penghargaan Proklim dari Kementerian LHK
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar