Megawati bakal jadi ketua umum lagi, ini penjelasan Sekjen PDIP

id Megawati soekarnoputri, hasto kristiyanto,Kongres pdip

Megawati bakal jadi ketua umum lagi, ini penjelasan Sekjen PDIP

Megawati Soekarnoputri. (ANTARA Foto)

Jakarta (ANTARA) - Perhelatan Kongres V PDI Perjuangan di Bali 8-10 Agustus 2019 diperkirakan akan mengukuhkan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum partai periode mendatang.

Berdasarkan informasi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, peserta Rakernas IV PDIP dan aspirasi dari tingkat bawah telah memohon Megawati untuk berkenan kembali memimpin partai.

"Berdasarkan hasil keputusan Rakernas IV dan juga berdasarkan aspirasi dari bawah, memohon ibu Mega berkenan menjadi ketua umum kembali," kata Hasto dalam konferensi pers pra-Kongres V PDIP, di Jakarta, Kamis.


Baca juga: DPC se-Jateng mendukung Megawati Soekarnoputri kembali pimpin PDIP

Hasto mengatakan nantinya ketua umum terpilih, dalam hal ini jika mengacu kepada aspirasi akar rumput adalah Megawati Soekarnoputri, akan membahas mengenai struktur kepartaian ke depan.

"Dan apakah struktur ke depan akan mengalami perubahan, nanti ada sebuah kajian khusus. Yang jelas perubahan itu, yang selalu dimotori oleh partai, adalah perubahan di dalam menjalankan fungsi ideal partai, kami punya sekolah partai, kami paling konsisten dalam menjalankan sekolah partai," kata Hasto.

Dalam struktur saat ini, kata dia, Ketua Umum PDIP bertindak sebagai institusi tersendiri dalam Kongres yang mendapat mandat dan mempunyai hak prerogratif menjaga Pancasila, NKRI, kebhinekaan dan seluruh perintah konstitusi.

Ketua Umum dibantu situation room sebagai pusat kajian, serta seluruh elemen strategis partai seperti kesekjenan dan bendahara.

Baca juga: Kongres V PDI Perjuangan bakal dipercepat pada Agustus

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar