Hadiri sedekah laut, Menteri Susi minta nelayan jaga sumber daya alam (VIDEO)

id menteri kelautan, susi pudjiastuti, hadiri, sedekah laut, di demak

Hadiri sedekah laut, Menteri Susi minta nelayan jaga sumber daya alam (VIDEO)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti didampingi Bupati Demak M. Natsir saat membawa ingkung sedekah laut di Desa Betahwalang, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (29/7). (Foto : Akhmad Nazaruddin Lathif)

Demak (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri sedekah laut sebagai ungkapan syukur nelayan Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, atas hasil tangkapan selama ini dengan ikut serta naik perahu nelayan menuju laut, Senin.

Acara sedekah laut juga dihadiri seribuan perahu nelayan dari desa setempat untuk memeriahkan acara sedekah laut yang digelar di laut lepas yang berjarak sekitar 2 mil dari desa setempat.

Acara sedekah laut yang digelar di Pantai Betahwalang itu ditandai dengan makan ingkung atau ayam utuh secara bersama-sama para nelayan.

Sebelum dimulai makan ingkung bersama-sama, Susi Pudjiastuti didampingi Bupati Demak M. Natsir mengajak para nelayan yang hadir untuk bersalawat bersama.

Kemudian, Susi Pudjiastuti mengambil ingkung dan memotong-motongnya menjadi ukuran kecil untuk dibagikan kepada bupati, Dandim serta Wakapolres Demak Kompol Ibnu serta ada yang dibagikan kepada nelayan yang kebetulan perahunya berdekatan dengan perahu yang ditumpangi rombongan menteri.

"Kami sangat berterima kasih karena diundang untuk mengikuti acara sedekah laut ini," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Demak, Senin.

Meskipun setiap tahun digelar, dia mengakui mendapatkan sambutan luar biasa dari para nelayan di Desa Betahwalang ini.

Baca juga: Susi klaim sudah kerja maksimal selama jadi menteri

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengucapkan selamat dan sukses atas kegiatan sedekah lautnya.

"Kami ingatkan untuk tetap menjaga lingkungan dan sumber daya alamnya, terutama rajungan dan ikan serta lain-lainnya agar nantinya mereka tetap bisa menghasilkan," ujarnya.

Di dalam syukuran tersebut, nelayan dinilai juga terus mengingat akan keberlanjutan mata pencaharian, jumlah rajungan di laut tetap banyak dan tetap bisa ditangkap terus menerus.

Ia juga mengapresiasi pemerintah daerah yang mengeluarkan aturan prinsip-prinsip penangkapan rajungan keberlanjutan di laut. Kepala Desa Betahwalang Khoirul Umam mengaku senang acara sedekah laut di Desa Betahwalang dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan.

Nelayan setempat juga menyambut antusias kehadiran menteri kelautan tersebut dengan ikut hadir di tepi Pantai Betahwalang yang jarak tempuh dengan permukiman penduduk mencapai 30 menit.

Tidak hanya nelayan, bahkan masyarakat Desa Betahwalang juga menyambut kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut di sepanjang jalan masuk desa mulai dari anak, pelajar, hingga orang tua ikut berjabat tangan dengan menteri tersebut.

Nelayan yang mengikuti sedekah laut juga siap dengan ingkung dan jajan pasar, sehingga ketika dikomando menteri untuk mulai memakannya langsung secara serempak menyantapnya bersama-sama kerabat.

Baca juga: Menteri Susi: Laut Indonesia Jangan Dikaveling-kaveling Lagi
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar