Boyolali (ANTARA) - Wakil Bupati Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) Wahyu Irawan meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Pembinaan Kesejahteraan Umat (PKU) dr Soemowidagdo di kabupaten setempat, Minggu.

Wabup Boyolali Wahyu Irawan dalam kesempatan itu mengapresiasi jajaran Pimpinan Muhammadiyah yang terus mengembangkan RSU PKU, termasuk bangunan baru yang ada di wilayah Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Menurut Wabup Wahyu Irawan, keberadaan rumah sakit baru tersebut sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Boyolali.

Wahyu Irawan mengatakan keberadaan rumah sakit ke-13 di Boyolali tersebut harus bisa dimanfaatkan dalam menjawab tantangan kebutuhan masyarakat, baik dari aspek kualitas maupun kuantitas, yang akhirnya meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat Boyolali secara keseluruhan

"Kami berharap dengan didirikan RSU PKU dr Soemowidagdo Sawit Boyolali ini, dapat memberikan layanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Sawit dan Boyolali pada umumnya," kata Wahyu Irawan.

Pihaknya berharap RSU PKU dr Soemowidagdo Sawit Boyolali tersebut bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di Kecamatan Sawit dan Boyolali serta sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman mengatakan Muhammadiyah terus memperkuat dakwah di bidang pelayanan kesehatan, selain merintis rumah sakit premium, juga memperluas layanan kesehatan di wilayah Indonesia Timur.

Menurut dia, di Sorong misalnya, saat ini masih minim layanan kesehatan, seperti peralatan yang hemodialisa dan lainnya, dengan spirit dakwah Muhammadiyah akan memperkuat layanan kesehatan di wilayah Indonesia Timur.

Direktur RSU PKU dr Soemowidagdo Boyolali Fery Ardi Kurniawan mengatakan seluruh jajaran sivitas hospitalia berkomitmen akan memberikan pelayan kesehatan terbaik yang berstandar JKN, meskipun saat ini pihaknya belum bisa melayani pasien JKN. karena harus menyiapkan akreditasi terlebih dahulu.

Pihaknya terus intensif menambah pelayanan selain yang sudah ada, seperti pelayanan IGD 24 jam, pelayanan rawat inap, layanan laboratorium 24 jam, layanan radiologi, farmasi dan beberapa poli spesialis yang sudah dibuka, penambahan dokter spesialis, dalam waktu dekat juga menyiapkan untuk akreditasi rumah sakit agar bisa segera bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Delanggu Prof Harun terdapat lima RSU PKU yang dikelola, yakni RSU PKU Delanggu, RSU PKU Muhammadiyah Pedan, RSU PKU Kartasura, RSU PKU AR Fachrudin Salatiga dan RSU PKU Sawit Boyolali.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024