Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyebutkan sebanyak 58.011 anak berusia 0-7 tahun sudah mendapatkan imunisasi polio pada Program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio tahap kedua yang dilaksanakan mulai 19-27 Februari 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didit Wisnuhardanto di Batang, Rabu, mengatakan pada Pekan Imunisasi Nasional polio tahap 2 ini, terutama akan menyasar pada anak yang sudah mengikuti imunisasi tahap pertama.

"Ya, memasuki hari ketiga PIN polio tahap kedua ini capaiannya sudah ada sekitar 40,5 persen dengan jumlah 58.011 anak," katanya.

Namun demikian, kata dia, jika memang ada anak berusia 0-7 tahun yang belum mendapatkan imunisasi polio maka sasarannya bisa bertambah.

Didit yang didampingi Koordinator Imunisasi Puskesmas Batang 1 Anie Nisfulaeli mengatakan imunisasi polio tahap 2 ini wajib diikuti oleh anak yang sudah menerima imunisasi tahap 1 karena pemberian vaksin ini harus lengkap.

Pelaksanaan imunisasi polio tahap 2 ini, kata dia, juga dilakukan oleh Puskesmas Batang 1 yaitu ada sekitar 4 ribu anak berusia 0-7 tahun yang menjadi sasaran penerima imunisasi tahap kedua.

Menurut dia, takaran dosis yang diberikan pada anak tidak ada perubahan antara tahap 1 maupun tahap 2 karena hanya sebagai pelengkap.

Pelaksanaan program Pekan Imunisasi Nasional polio tahap kedua itu, kata dia, dimulai 19-26 Februari 2024 dan dilanjutkan pada 27 Februari 2024 untuk memantau ke wilayah yang belum dijangkau.

"Pekan depan kami akan menggelar penyisiran ke sejumlah puskesmas pembantu dan beberapa sekolah seperti sekolah dasar yang belum dijangkau oleh petugas," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024