Purwokerto (ANTARA) - Bupati Banyumas, Jawa Tengah, Achmad Husein, meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten setempat tetap berkolaborasi demi mewujudkan kemajuan di daerah tersebut.

"Pesan-pesan saya kepada semua pihak, terutama dari dinas-dinas semuanya, yang ada kaitannya dengan pemerintah daerah, ya, kolaborasi, bekerja sama untuk memajukan Banyumas," kata Achmad Husein di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Masa jabatan Husein sebagai bupati akan berakhir pada Minggu (24/9). Dia pun telah menerima informasi bahwa Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah menunjuk seorang penjabat yang akan menggantikan dirinya menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Banyumas.

"Yang menjadi pj itu namanya Pak Hanung (Hanung Cahyo Saputro), kabiro umum Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Masih muda, 43 tahun," tambahnya.

Husein mengatakan dia tidak ada pesan khusus bagi Hanung terkait kepemimpinan di Kabupaten Banyumas.

"Ah, enggak, saya rasa sudah sama-sama dewasa dan pengalaman, tahu beliaunya," kata Husein.

Namun demikian, Husein berharap sejumlah pembangunan di Kabupaten Banyumas dapat diselesaikan, seperti penanganan pascakebakaran di Pasar Wage. Selain itu, tambahnya, sistem pengelolaan sampah juga sebaiknya tetap dilanjutkan karena merupakan salah satu kebanggaan warga Banyumas.

Achmad Husein telah menjabat sebagai bupati Banyumas selama dua periode, yakni 2013-2018 dengan didampingi Budhi Setiawan sebagai wakil bupati dan 2018-2023 bersama Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono.

Sementara itu, sebelumnya, DPRD Kabupaten Banyumas mengusulkan tiga nama untuk menjadi pj bupati Banyumas guna menjalankan roda pemerintahan hingga pelantikan bupati definitif hasil Pilkada Serentak 2024.

Tiga nama calon pj bupati menurut usulan DPRD Kabupaten Banyumas ialah Asisten Umum Administrasi Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Banyumas Nungki Harry Rachmat, serta Direktur RSUD Banyumas Dani Esti Novia.

Usulan tersebut diajukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota.

Namun, Tito Karnavian menunjuk Hanung Cahyo Saputro sebagai pj bupati Banyumas yang akan dilantik di Semarang pada Minggu (24/9.

Baca juga: Pemkot Semarang mulai lelang tiga jabatan pimpinan OPD dan BLUD

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024