Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap bersinergi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap menyelenggarakan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Selasa (22/8), sebagai wujud kolaborasi menyukseskan program Kampung Bahari Nusantara di wilayah terpencil itu.

Kegiatan yang digelar di UPT Puskesmas Kampung Laut itu diikuti sekitar 50 warga Desa Klaces. Diawali laporan kegiatan oleh Danlanal Cilacap yang diwakili Komandan Detasemen Polisi Militer AL (Denpomal) Lanal Cilacap Mayor Laut (PM) Fajar Untung Tri Sutopo dan sambutan Kepala Desa Klaces Sugino.

Dalam kesempatan itu, Mayor Laut (PM) Fajar Untung Tri Sutopo mengatakan kegiatan tersebut sebagai wujud sinergi Lanal Cilacap dengan PT KPI RU IV Cilacap dan unsur terkait dalam membantu masyarakat di bidang kesehatan. 

"Tujuannya tentu meringankan beban masyarakat dengan pengobatan gratis. Selain itu, kami juga berikan bantuan paket sembako untuk para peserta bakti sosial ini," jelasnya.

Menurut dia, pihaknya juga mengapresiasi keterlibatan PT KPI RU IV yang turut menyukseskan bakti sosial. 

Baca juga: Pegiat mangrove binaan Kilang Cilacap raih dua penghargaan penyuluh kehutanan

"Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT KPI RU IV yang mendukung penuh kegiatan ini melalui bantuan obat-obatan sekaligus tenaga medis dokter dan perawat. Ini menjadi sinergi yang sangat baik dalam membantu masyarakat," tegasnya.

Selain bakti sosial pengobatan gratis dan bantuan paket sembako, warga juga mendapatkan materi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan terpisah, Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan program pengobatan gratis bekerja sama dengan Lanal menjadi bukti komitmen perusahaan menghadirkan manfaat untuk masyarakat. 

"Selain menjalankan misi perusahaan sebagai penyedia energi, PT KPI juga berkewajiban membantu masyarakat dengan program yang dibutuhkan, salah satunya meningkatkan derajat kesehatan melalui program ini," ungkapnya.

Kampung Laut yang merupakan kecamatan termuda di Kabupaten Cilacap itu berada di kawasan laguna Segara Anakan. Untuk mencapainya, diperlukan waktu selama 1,5-2 jam perjalanan melintasi perairan Segara Anakan menggunakan kapal compreng atau perahu.

Baca juga: Pekerja Kilang Cilacap gelar apel di hadapan bendera berukuran besar
Baca juga: Kilang Cilacap raih penghargaan BISRA 2023 atas keberhasilan program Mamaku

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024