Cilacap (ANTARA) - Pekerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menggelar apel dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di hadapan bendera Merah Putih berukuran 12x8 meter yang dibentangkan di antara sejumlah tangki Area 70 Cilacap, Jumat (18/8).

Peserta yang berasal dari unsur Section Head, Oil Movement (OM) 70, Unit Price OM 70, MA 3 Area 70, HSE Area 70, security, DCU, Marine Area, kontraktor, dan mitra kerja mengikuti dengan hidmat rangkaian apel yang dipimpin oleh Manager Produksi 1 Ali Mudasir sebagai pembina.

Dalam amanatnya, Ali Mudasir mengatakan apel tersebut menjadi cara pekerja di Area 70 untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan RI yang sudah memasuki usia 78 tahun. 

"Seperti kita tahu, operasional di area tangki berlangsung 24 jam nonstop. Namun hal itu tidak menghalangi kami untuk ikut memeriahkan HUT RI, salah satunya melalui apel ini sebagai bukti cinta kami pada Indonesia," katanya.

Baca juga: Kilang Cilacap raih penghargaan BISRA 2023 atas keberhasilan program Mamaku

Terlebih, kata dia, PT KPI RU IV sebagai kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia merupakan aset berharga yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. 

"Tugas kami menjaga keandalan kilang agar tetap terjaga produktivitas dan profitabilitasnya sebagaimana amanat negara pada kami," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ali juga mengingatkan pesan penting Safety sebagai pedoman para pekerja dalam mengoperasikan kilang. 

"Tidak bosan kami ingatkan aspek Safety wajib menjadi pegangan seluruh pekerja dalam beraktivitas. Safety berbanding lurus dengan produktivitas kinerja dengan prinsip patuhi, intervensi, dan peduli," tegasnya.

Area 70 merupakan kompleks tangki yang berada di Pantai Teluk Penyu, Cilacap. Tangki di area tersebut menampung minyak mentah yang ditransfer langsung dari dermaga apung di tengah perairan, Single Point Mooring (SPM) melalui pipa bawah laut. 

Dari area OM 70 tersebut, minyak mentah kemudian disalurkan ke Kilang Cilacap di kompleks Jalan MT Haryono untuk selanjutnya diolah menjadi berbagai produk.

Baca juga: Serunya Pekan Olahraga Muharram Merdeka di Kilang Cilacap
Baca juga: Pertamina tegaskan komitmen hadapi perubahan global dan transisi energi

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024