Semarang (ANTARA) - Bank Jateng Cabang Wonogiri melakukan sosialisasi mengenai QRIS dan kredit usaha rakyat (KUR) kepada para pedagang kaki lima (PKL) sekitar Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri di sela acara sarasehan yang dikemas dalam bentuk talkshow dan dialog.

Acara yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, akhir Februari 2020 tersebut hadir Wahyu selaku Kepala Dinas KUKM dan Perindag Kabupaten Wonogiri, Ketua Tim Pemasar bersama staf, Kasie Analis Kredit dan staf serta rekan rekan dari mikro Bank Jateng Wonogiri.

Sarasehan dihadiri kurang lebih 50 PKL ini berlangsung cukup interaktif dan diharapkan dapat lebih mengena serta dapat dilaksanakan oleh PKL yang hadir pada acara tersebut.

Agus Sunaryo selaku Ketua Tim Pemasar menyampaikan tentang sistem pembayaran menggunakan aplikasi QRIS. QRIS adalah fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan yakni hanya dengan mengunduh aplikasi yang sudah terstandardisasi.

Penggunaan QRIS, kata Agus, akan lebih menguntungkan bagi para pelaku usaha kecil, selain mengurangi risiko penggunaan uang palsu, kekurangan pendapatan, pembayaran melalui QRIS juga akan langsung dialihkan menuju rekening pelaku usaha.

Baca juga: Bank Jateng sosialisasikan KUR dan transaksi nontunai ke perangkat desa

Kepala Dinas KUKM dan Perindag Kabupaten Wonogiri Wahyu mengatakan dengan teknologi QRIS yang sudah ada diharapkan PKL di Wonogiri punya rekening Bank Jateng, pembayaran yang masuk menggunakan aplikasi QRIS dapat langsung masuk juga ke rekening pelaku usaha.

Irson, selaku Kasie Analis Kredit Bank Jateng menambahkan program KUR saat ini bunga sangat rendah yaitu 6 persen dan ditujukan bagi seluruh UMKM, sehingga bagi pelaku usaha yang membutuhkan tambahan modal, Bank Jateng siap untuk membantu.

Baca juga: Bupati Wonogiri apresiasi Bank Jateng yang terus tingkatkan pelayanan

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024