Purbalingga, 29/9 (Antara) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, akan menggelar lomba desain motif batik khas wilayah tersebut yang bertemakan "Pesona Goa Lawa".

"Lomba digelar dalam rangka memperingati hari batik yang jatuh pada tanggal 7 Oktober," kata Ketua Dekranasda Purbalingga, Erni Tasdi di Purbalingga, Jumat.

Ia menambahkan, lomba tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 7 Oktober 2017.

"Desain motif batik yang dilombakan rencananya nanti akan digunakan sebagai seragam pelajar anak sekolah di Purbalingga," katanya.

Motif desain batik, tambah dia, perlu menonjolkan ikon potensi kabupaten Purbalingga dengan tema Pesona Goa Lawa.

"Hal ini sekaligus untuk mempromosikan potensi batik yang ada di wilayah Purbalingga," katanya.

Sebelumnya, Bupati Purbalingga, Tasdi, mengatakan, Kabupaten Purbalingga memiliki sejumlah produk yang berkualitas, salah satunya batik.

"Banyak produk berkualitas yang merupakan hasil karya para pegiat UMKM Purbalingga. Seperti produk batik khas Purbalingga, kuliner Purbalingga, dan lain sebagainya," katanya.

Pada saat ini, kata dia, para pegawai di lingkungan Pemkab Purbalingga, telah diinstruksikan untuk mengenakan batik khas Purbalingga, setiap hari Kamis.

"Kita sudah punya batik Pesona Goa Lawa yang sudah dipakai para pegawai pemda setiap hari Kamis. Nanti akan terus kita gerakan untuk digunakan oleh anak-anak sekolah dan karyawan, minimal seminggu sekali pakai batik," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor :
Copyright © ANTARA 2024