Magelang, Antara Jateng - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang memberikan fasilitas khusus bagi pasien berusia 65 tahun ke atas atau kategori lanjut usia dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berobat di rumah sakit tersebut.

"Sejak 1 Oktober 2016, pasien lansia kami berikan fasilitas di poliklinik Anggrek atau bangsal VIP agar tidak lama antre," kata Direktur Badan Layanan Umum Daerah RSUD Tidar Kota Magelang Sri Harso di Magelang, Jawa Tengah, Minggu.

Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pasien, terutama bagi para lansia, karena jumlah pasien lansia yang berobat di rumah sakit tersebut relatif cukup banyak.

Menurut dia, para pasien lansia yang berobat di RSUD Tidar juga tidak perlu mendaftarkan diri di bagian pendaftaraan karena semuanya akan ditangani langsung oleh petugas khusus sehingga pasien cukup duduk sambil menunggu panggilan untuk diperiksa oleh dokter yang bersangkutan.

"Pelayanan khusus tersebut diberlakukan untuk pemeriksaan semua jenis penyakit dan pasien lansia yang terdaftar dalam BPJS, Jamkesda, dan Jamkesmas," katanya.

Sri Harso menuturkan bahwa setiap hari jumlah pasien yang berobat di rumah sakit tersebut mencapai 400 hingga 500 orang. Guna melayaninya pasien, pihak rumah sakit membuka sebanyak enam loket pendaftaran.

Untuk mengurangi jumlah antrean calon pasien yang mendaftar, pihak RSUD Tidar telah membuka layanan pendaftaran pasien melalui layanan pesan singkat (SMS) yang diberlakukan sejak September 2016, yakni melalui nomor 081-393-0000-25.

"Pendaftaran pasien melalui layanan SMS tersebut, pasien tidak perlu antre lama karena cukup mendaftar ke poli yang akan dituju melalui SMS. Kami akan menjawab dengan mengirimkan nomor antrean, termasuk menyebutkan pukul berapa pasien bisa dilayani poli," katanya.

Sri Harso menyebutkan sejak pembukaan layanan pendaftaran pasien melalui layanan SMS tersebut, calon pasien yang mendaftarkan diri menggunakan fasilitas tersebut relatif sangat banyak, yakni antara 75 dan 100 orang per hari.

Untuk layanan tersebut, pendaftaran dilakukan satu hari sebelumnya dan hanya berlaku untuk pasien peserta BPJS Kesehatan. Layanan pendaftaran lewat SMS dilakukan pada jam kerja mulai pukul 07.00 WIB hingga 11.30 WIB.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024