Hotel di Pati siap tampung ODP-tenaga medis positif COVID-19

id Hotel di pati, siap menampung ODP COVID 19, hingga tenaga medis,Hotel di Pati siap tampung ODP COVID 19,Hotel tampung OD

Hotel di Pati siap tampung ODP-tenaga medis positif COVID-19

Petugas The Safin Hotel Pati tengah merapikan kamar hotel dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap, Senin (20/4/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Pati)

Pati (ANTARA) - Hotel berbintang di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, siap nenampung tenaga medis yang menangani pasien yang terpapar penyakit virus corona (COVID-19), orang dalam pemantauan (ODP), hingga pelaku perjalanan.

"Di beberapa daerah banyak tenaga medis yang kesulitan mencari tempat indekos, kontrakan maupun tempat tinggal lain, karena stigma negatif COVID-19 yang ada di masyarakat," kata pemilik The Safin Hotel Pati Saiful Arifini di Pati, Senin.

Untuk itu, lanjut Saiful Arifin yang juga Wakil Bupati Pati menawarkan fasilitas bagi tenaga medis, masyarakat, maupun pemudik yang memang butuh tempat untuk isolasi selama 14 hari.

Selama dua bulan ke depan, hotelnya itu akan digunakan untuk menampung para tenaga medis, ODP, hingga pelaku perjalanan, sedangkan tamu tamu reguler tidak akan diterima.

"The Safin Hotel menyiapkan 119 kamar yang bisa digunakan untuk tenaga medis dan orang-orang yang butuh isolasi mandiri," ujar Saiful Arifin yang juga Ketua I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan serta pelaksanaannya nanti tetap menggunakan standar operasional prosedur penanganan COVID-19.

Hal itu, tentu juga didukung dari Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang akan membantu untuk mengontrol agar semuanya berjalan dengan baik.

Baca juga: Pemkab Pati tingkatkan alokasi anggaran penanganan COVID-19

Bagi orang yang hendak melakukan karantina, kata dia, harus ada rekomendasi dari dinas terkait maupun kepala desa, bukan seperti tamu hotel pada umumnya langsung datang.

"Per hari ini (20/4) kami sudah siap. Hotel sudah steril, layanan tamu reguler sudah ditutup. Termasuk para karyawan hotel juga sudah siap semua, housekeeping, keamanan, front office, semuanya kami bekali dengan alat pelindung diri," imbuh Saiful.

Dinas Kesehatan, kata dia, juga akan menyiapkan tenaga kesehatan yang akan mendampingi para pelaku karantina, selain pula ada dokter maupun psikolog yang akan memberikan bimbingan agar mereka tidak stres saat dikarantina.

Selain The Safin Hotel, hotel milik Saiful Arifin yang ada di Jawa Barat, yakni Bumi Ciherang Hotel di Cianjur juga direlakan untuk tempat karantina ODP maupun tim medis.

Baca juga: Pemkab Pati siapkan lahan 1 hektare untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar