Ada lowongan untuk difabel di Pameran Bursa Kerja di Purwokerto

id bursa kerja,lowongan kerja,Banyumas Career Expo

Ada lowongan untuk difabel di Pameran Bursa Kerja di Purwokerto

Ilustrasi - Sejumlah pencari kerja mendatangi lokasi kegiatan pameran bursa kerja "Job Fair 2019 Kabupaten Banyumas" yang digelar di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019). ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Banyumas bakal menggelar pameran bursa kerja di Gelanggang Olah Raga Satria Purwokerto, 21-22 Februari 2020, dengan menyediakan 10.554 lowongan pekerjaan, beberapa di antaranya untuk difabel.

"Kegiatan yang bertajuk Banyumas Career Expo 2020 dengan tujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Banyumas itu melibatkan 23 perusahaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Banyumas Joko Wiyono di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan dalam pameran bursa kerja tersebut disediakan 10.554 lowongan kerja dengan rincian 5.232 lowongan untuk laki-laki dan 5.322 lowongan untuk wanita.

Baca juga: Bursa kerja berbasis TI terbesar di Jateng digelar di Semarang

Bahkan, kata dia, ada beberapa perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk difabel seperti perusahaan garmen PT Libra Permana, perusahaan kabel PT SAMI, dan Alfamart.

Lebih lanjut dia mengatakan Banyumas Career Expo 2020 merupakan  kegiatan yang mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dan pemberi kerja atau perusahaan.

"Kami memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pengetahuan, keterampilan, bakat, dan minat serta membantu perusahaan atau pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas, profesional, sesuai dengan kebutuhan perusahaan," katanya.

Selain itu, kata dia, pameran bursa kerja tersebut juga untuk mengetahui kecenderungan tingkat pendidikan, jenis kelamin, kelompok umur pencari kerja, dan jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersedia.

Menurut dia, sebagai bahan perencanaan pelatihan dan mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja.

"Bagi pencari kerja yang berminat mengikuti kegiatan tersebut, bisa mendaftar secara online melalui website e-bursakerja.kemnaker@go.id atau bisa secara manual di lokasi kegiatan, Gedung Futsal, GOR Satria Purwokerto," katanya.

Ia mengatakan berkas yang perlu disiapkan pencari kerja sebagai persyaratan untuk mengikuti kegiatan tersebut di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki kartu pencari kerja, ijazah, surat keterangan catatan kepolisian, kartu keluarga, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Akan tetapi, kata dia, tidak menutup kemungkinan ada beberapa perusahaan yang akan meminta persyaratan lain sebagai tambahan sesuai dengan jenis pekerjaan yang dituju.

Baca juga: Ada 4.600 lowongan baru di Bursa Kerja di Kudus
Baca juga: Dipadati pengunjung, Bursa Kerja Banyumas sediakan 5.000 lowongan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar