Bursa kerja berbasis TI terbesar di Jateng digelar di Semarang

id bursa kerja, job fair, terbesar di jateng, jobnet.id

Bursa kerja berbasis TI terbesar di Jateng digelar di Semarang

Seorang pelamar mengisi berkas lamaran dalam bursa kerja.

Semarang (ANTARA) - Bursa kerja (job fair) berbasis teknologi informasi terbesar di Jawa Tengah bakal digelar di Auditorium Universitas Diponegoro kampus Pleburan Kota Semarang pada 22-23 November 2019.

Bursa kerja bertajuk "4.0 Career Expo 2019" tersebut, menurut siaran pers dari Jobnet.id yang diterima di Semarang, Rabu, bakal diikuti sekitar 100 perusahaan berbagai bidang di Jateng. 

Berdasarkan data BPS Jateng, menurut Public Relations Jobnet.id, Evafani Muryadi, angka pengangguran terbuka di Jateng pada 2018 mencapai 4,51 persen atau 814.347 angkatan kerja. 

Di sisi lain, perusahaan mengeluhkan makin sulit mendapatkan kandidat pekerja yang benar-benar sesuai karena sangat sedikit calon yang memiliki kualifikasi maupun informasi yang memadai.

Untuk itulah, Jobnet.id yang diusung oleh PT Raditya Intra Media (RIM) dan PT Indonesian People Power (IPP) akan menyelenggarakan “4.0 Career Expo 2019" untuk  menjadi fasilitator dalam menyatukan kepentingan dunia usaha dan industri sebagai penyedia lapangan kerja. 

Seluruh kegiatan bursa kerja "4.0 Career Expo 2019" dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi.  

Evafani menjelaskan bahwa penggunaan teknologi informasi dimulai dari registrasi peserta, perekrutan, hingga seleksi pelamar (screening data pelamar dan pelaksanaan psikotes). 

“Dengan aplikasi teknologi informasi, kegiatan job fair dapat dilakukan dengan efisien, efektif, serta ramah lingkungan (paperless)," ujarnya di kantor Jobnet.id Jl. Madukoro Raya 187A Semarang.

Evafani mengungkapkan beberapa keunggulan dari even “4.0 Career Expo 2019" yakni pelamar tidak perlu repot membawa banyak berkas karena data pelamar disajikan secara online dan terseleksi sesuai spesifikasi umum jabatan yang diinginkan.

"Jadi, pelamar tidak perlu menunggu berjam-jam buat melamar pekerjaan," katanya.

Selain itu, Evafani menambahkan beberapa perusahaan juga akan melakukan interview dan psikotest di tempat, jadi sangat efisien dan efektif, baik untuk pelamar kerja maupun perusahaan yang mencari kandidat.***
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar