Inilah pilihan program studi bagi yang ingin kuliah di UMP

id program studi,universitas muhammadiyah purwokerto

Inilah pilihan program studi bagi yang ingin kuliah di UMP

Kampus I Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Jalan Raya Dukuhwaluh, Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (ANTARA/HO-UMP)

Gelombang pertama pada bulan Oktober 2019 sampai Maret 2020, gelombang kedua pada April sampai Juli 2020, sedangkan gelombang ketiga pada Juli hingga Agustus 2020. 
Purwokerto (ANTARA) - Melanjutkan kuliah, baik dari SMA maupun SMK ke D3 atau S1 dan dari S1 ke S2 merupakan impian buat sebagian orang, terutama di dunia yang makin penuh persaingan ini.

Memiliki pendidikan yang lebih tinggi tentunya dapat memberi nilai plus dalam dunia kerja yang kita geluti kelak. Selain itu, nilai manfaat yang kita dapatkan ketika menyandang gelar pendidikan tinggi juga dianggap lebih unggul di mata masyarakat.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sudah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 di mana pendaftarannya terbagi menjadi tiga gelombang.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto berkomitmen ciptakan dokter yang unggul

Gelombang pertama pada bulan Oktober 2019 sampai Maret 2020, gelombang kedua pada April sampai Juli 2020, sedangkan gelombang ketiga pada Juli hingga Agustus 2020. 

Sebagai kampus terbaik kelima Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia, UMP merupakan perguruan tinggi yang menuju akreditasi A. 

Saat ini, UMP memiliki lebih dari 43 program studi dan 12 fakultas, enam di antaranya sudah terakreditasi A. Selain itu, UMP juga memiliki lima program profesi dan penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) saat belajar bersama di kampus. (ANTARA/HO-UMP)

Terkait dengan hal itu, Wakil Rektor UMP Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Jebul Suroso mengatakan UMP telah memiliki banyak program studi yang tersebar di berbagai fakultas seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di antaranya Pendidikan Geografi (S1), Pendidikan Sejarah (S1), PPKN (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), PGSD (S1), serta PGPAUD (S1). 

Untuk program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dan Kedokteran, yakni Keperawatan (D3), Keperawatan (S1), Kebidanan (D3, Kebindanan (S1), Teknologi Laboratorium Medik (D4), Teknik Rekayasa Elektro-Medis (D4), Teknologi Radiologi Pencitraan (D4), Manajemen Informasi Kesehatan (D4), dan Keperawatan Anestesiologi (D4). 

Baca juga: UMP luncurkan Pusat Studi Dakwah Komunitas

"Fakultas Agama Islam memiliki dua program studi, yakni Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada tiga program studi yaitu, Manajemen S1, Akuntansi S1, dan Akuntansi D3," katanya di Purwokerto, Selasa, (7/1). 

Selanjutnya, kata dia, di Fakultas Pertanian ada dua program studi, yakni Agribisnis (S1) dan Agroteknologi (S1), sedangkan di Fakultas Teknik dan Sains ada Teknik Sipil (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Informatika (S1), dan Teknik Mesin (S1).

"Yang lainnya ada Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Sastra, dan Fakultas Hukum," tambahnya. 

Selain program studi D3 dan S1, kata dia, UMP telah memiliki Program Pascasarjana (S2) di antaranya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam. 

Baca juga: Kopma Lebah UMP hadirkan motivator inspiratif milenial

“Kalau Program Profesi, UMP memiliki profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru," jelasnya. 

Jebul mengatakan saat ini UMP sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain lokal perkuliahan seluruhnya ber-AC dan ber-LCD, bahkan Internet Broadband yang dimiliki UMP mencapai 16 kali standar akreditasi. 

Bagi mahasiswa yang punya bakat, sudah ada Unit Kegiatan Mahasiswaan (UKM) atau ekstrakulikuler seperti Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Satria, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kahfi, Taekwondo, Teater Perisai, Radio Gradiosta, Koperasi Mahasiswa Lebah, Olahraga, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bhaskara, Galeri Seni dan Budaya (GASEBU), Pramuka, Karate BKC, Gema Surya Suara (GSS) Choir, serta Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (Pik-Ma) Youth Center.

Guna menunjang proses perkuliahan dan peningkatan kualitas pendidikan UMP memiliki sejumlah fasilitas seperti alumni mengajar ke luar negeri, pertukaran mahasiswa ke luar negeri, beasiswa belajar Bahasa Arab selama dua Tahun, progam kuliah kerja nyata ke luar negeri, hingga beasiswa Erasmus.

Belum cukup sampai di situ, di UMP juga tersedia Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, Perpustakaan (e-library) yang sudah terakreditasi A, kualifikasi Dosen S-2 dan S-3, sistem akademik berbasis daring (online), sertifikasi lulusan, serta laboratorium komputer, audit, dan bahasa.

Bagi yang berminat dan berniat kuliah di UMP bisa datang langsung ke Kampus I, Jalan Raya Dukuhwaluh PO BOX 202, Purwokerto 53182, Kembaran, Banyumas, Telepon (0281) 636751, 630463, 634424. (tgr)

Baca juga: Tiga mahasiswa S1 Keperawatan UMP kuliah di MSU Malaysia
Baca juga: Anggota baru Mapala Satria UMP ikuti pendidikan dasar
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar