Sekda: Akreditasi puskesmas, jaga kualitas pelayanan kesehatan

id akreditasi puskesmas, kota magelang, sekda joko budiyono

Sekda: Akreditasi puskesmas, jaga kualitas pelayanan kesehatan

Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono (kanan) berpidato saat menyambut kedatangan Tim Surveior Akreditasi di Hotel Puri Asri, Rabu (23/10/2019) malam. (ANTARA/HO/Humas Pemkot Magelang)

Magelang (ANTARA) - Akreditasi terhadap puskesmas di Kota Magelang sebagai langkah positif supaya para petugas mampu menjaga kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Magelang Joko Budiyono.

"Ini penting agar kualitas pelayanan kesehatan terjaga, mampu diintegrasikan, dan dibudayakan," ujarnya dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang di Magelang, Kamis.

Ia mengatakan hal itu ketika menerima kehadiran Tim Surveior Akreditasi dengan ketua, Didik Rijadi yang akan melakukan akreditasi terhadap Puskesmas Magelang Tengah dan Puskesmas Magelang Selatan.

Sebagai lini terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat, kata dia, puskesmas harus terus berkomitmen meningkatkan kapabilitas, kepercayaan, dan kepuasan masyarakat.

Baca juga: Sigit: Akreditasi rumah sakit jaminan layanan kesehatan yang optimal

Ia menyebut tentang berbagai upaya yang telah dilakukan terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan puskesmas, antara lain pengembangan sistem manajemen mutu, perbaikan kinerja secara berkesinambungan, baik dalam pelayanan klinis, manajemen, maupun penyelenggaraan kesehatan.

"Kami mendukung adanya akreditasi puskesmas di Kota Magelang. Harapan kami predikat utama atau paripurna bisa diraih," kata dia.

Ketua Tim Surveior Akreditasi, Didik Rijadi, menjelaskan akreditasi satu tahap penilaian untuk mengetahaui apakah puskesmas sudah bekerja sesuai standar, meningkatkan mutu, dan kinerja.

"Standar itu bisa pedoman, keputusan kepala puskesmas, bisa indikator-indikator lain. Kalau sudah kerja sesuai standar maka bisa dikatakan bermutu," katanya.

Ia menjelaskan tentang tugas tim itu yang memotret kinerja puskesmas selama tiga tahun terakhir, sedangkan tentang hasilnya menjadi kewenangan komisi akreditasi.

"Akreditasi ini menjadi penting, kalau dulu tahun 80-90an kita bicara akses, kalau sekarang mutu, karena kita sudah ada tenaga dan alat, termasuk bagaimana keselamatan pasien dan petugas kesehatan," katanya. (hms).

Baca juga: Laboratorium Kesehatan Kota Magelang Terakreditasi
Baca juga: Wali kota: Pelayanan kesehatan harus optimal
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar