Lima organisasi alumnus perguruan tinggi bakal gelar Caring For Nation 2019

id sekda jateng,sri puryono

Lima organisasi alumnus perguruan tinggi bakal gelar Caring For Nation 2019

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono. (ANTARA/HO/Dokumentasi Humas Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) - Lima organisasi alumnus perguruan tinggi bakal kembali menggelar Caring For Nation (CFN)  III atau Aksi Merawat Bangsa di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada 21-22 September 2019.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksana CFN III 2019 di Semarang, Sabtu, mengatakan bahwa sederet kegiatan bakal disuguhkan para alumnus dari lima perguruan tinggi negeri ternama di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Kelima organisasi alumnus perguruan tinggi itu adalah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Diponegoro, IKA Universitas Negeri Semarang, IKA Universitas Sebelas Maret Surakarta, IKA Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, serta Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Yogyakarta.

Menurut Sekda, Caring For Nation mendatang tidak hanya sebagai ajang silaturahim, namun juga sarana berbagi, serta pengabdian kepada masyarakat dan bangsa.

Kegiatannya antara lain, pameran usaha mikro kecil dan menengah, kuliner, kampanye pengurangan dan pemanfaatan sampah plastik, lomba peragaan busana, pencarian bakat, dan mewarnai gambar, serta bakti sosial berupa pembangunan jamban sehat.

Program jamban sehat tersebut dikhususkan bagi keluarga tidak mampu di kawasan pemukiman nelayan, tepatnya di Tambaklorok, Semarang.

"Kemudian pada hari Minggu (22/9) pagi, IKA Undip, IKA Unsoed, IKA Unnes, IKA UNS, dan Kagama bersama masyarakat menggelar acara 'Mlaku Entuk Mlayu Entuk'. Jadi supaya sehat, semua peserta boleh jalan, lari juga boleh," ujarnya.

Untuk pameran kuliner, Sri Puryono yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kagama berharap peserta dapat menyuguhkan aneka menu khas dari beberapa daerah di Jateng seperti soto, mendoan Purwokerto, serabi Solo, dan makanan atau minuman tradisional lainnya.

"Kerja sama antarperguruan tinggi negeri ini harus terus berkesinambungan dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan negara. Para alumnus perguruan tinggi negeri ini diharapkan dapat berkiprah untuk negeri, khususnya Jawa Tengah," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar