GoPay gandeng musikus jalanan wujudkan Semarang Smart City

id Gopay, musisi jalanan, imj

GoPay gandeng musikus jalanan wujudkan Semarang Smart City

Grup musisi jalanan Kota Semarang unjuk kebolehan di sebuah resto. ANTARA/Mahmudah

Semarang (ANTARA) - GoPay menggandeng Institut Musik Jalanan (IMJ) untuk mendukung terwujudnya visi Semarang Smart City dengan membagikan kode QR (quick response) kepada musikus jalanan di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Senior Manager Consumer PR GoPay Deviani Wulandari di Semarang, Kamis, mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan salah satu upaya untuk merangkul lebih banyak lapisan masyarakat lewat teknologi finansial.

Sebanyak 100 musikus jalanan di Kota Semarang, baik individu maupun grup di bawah binaan IMJ, dapat menerima transaksi lewat GoPay. Nantinya masing-masing musikus jalanan akan mendapatkan banner kode QR sehingga masyarakat bisa dengan mudah memberikan apresiasi kepada para musisi jalanan.

"Kami berkomitmen untuk memberdayakan sektor informal, termasuk musisi jalanan agar bisa mengakses layanan keuangan melalui pembayaran nontunai," katanya.

Lewat pemanfaatan QR kode GoPay, lanjutnya, para musikus jalanan, yang awalnya tidak memiliki akses sebagai pengguna bank atau tidak memiliki pengetahuan akan perencanaan keuangan, dapat teredukasi dengan baik dan dapat melakukan penelusuran transaksi dengan nyaman.

"Kami berharap kerja sama ini dapat mendukung eksosistem cashless (nontunai) di Semarang sekaligus mendorong potensi musikus lokal di kalangan generasi muda, termasuk menghidupkan musik tradisional seperti musik keroncong dan campursari," katanya.

Dia mengatakan bahwa Semarang menjadi kota pertama di luar Jabodetabek yang dipilih untuk bisa memfasilitasi para musikus jalanan menerima pembayaran digital.

IMJ sendiri, lanjutnya, merupakan komunitas musikus jalanan yang diinisasi oleh aktivitis sosial Andi Malewa sejak 2014.

Deviani mengatakan dengan bergabung di IMJ, sejumlah musikus jalanan mendapatkan kesempatan bimbingan langsung dari musikus Tanah Air sekaligus dosen tetap IMJ, yakni Ridho Hafiedz (Slank) dan Glenn Fredly.

"Sejak bekerja sama dengan GoPay pada Juni 2019 di Jabaodetabek, rata-rata musikus jalanan mengakui penghasilannya meningkat hingga 300 persen," katanya.

Para musikus jalanan juga berkesempatan memperluas akses ke ruang berkarya dengan memanfaatkan ekosistem Gojek, seperti memanfaatkan panggung yang terdapat di rekan-rekan usaha GoPay, katanya.
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar