Boyolali (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 dengan menggelar berbagai kegiatan bakti sosial seperti sosialisasi tanggap bencana, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), dan pemberian santunan bagi anak Yatim.

Ketua PMI Boyolali Sunarno di Boyolali, Selasa, mengatakan kegiatan diawali dengan bakti sosial meliputi pemeriksaan kesehatan di ajang car free day dan sosialisasi tanggap bencana gempa.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan rehab 15 unit RTLH serta santunan bagi 30 anak yatim dan kurang mampu.

"PMI juga ada pemberian bantuan distribusi air bersih sebanyak 39 tangki dengan total 156.000 liter di Kecamatan Juwangi, Wonosegoro, Wonosamudro, Kemusu, Cepogo dan Tamansari," kata Sunarno.

Peringatan HUT PMI juga diisi dengan pemberian penghargaan donor darah massal kepada 100 orang serta posyandu lansia bagi 80 orang.

"Kami akan selalu melaksanakan amanah dari masyarakat ini untuk melaksanakan kegiatan sosial dan kebencanaan. Artinya, kami akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Boyolali dalam setiap kegiatan sosial dan kebencanaan," katanya.

Ketua Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Boyolali Wahyu Irawan mengapresiasi berbagai kegiatan PMI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Wakil Bupati Boyolali itu mengaku berharap pada usia ke-79 PMI tetap selalu terdepan dalam memberikan pelayanan kemanusiaan.

"PMI Boyolali selalu terdepan dan lebih profesional," katanya.

Salah satu penerima bantuan rehab RTLH, Ponidi, mengaku senang mendapatkan bantuan dari PMI Kabupaten Boyolali. "Saya merasa terbantu sekali, terima kasih untuk PMI Kabupaten Boyolali," kata warga Desa Ngenden, Kecamatan Ampel itu.

Baca juga: Bulan Dana PMI Boyolali himpun Rp1,3 miliar

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024