Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah menyiapkan enam kegiatan pelatihan kerja dan peningkatan tenaga kerja berbasis kompetensi yang dapat diikuti oleh masyarakat secara gratis.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Batang Wahyudi di Batang, Rabu, mengatakan bahwa pelatihan ini guna meningkatkan keterampilan teknis dan keterampilan nonteknis bagi warga yang akan membuka maupun mengembangkan kewirausahaan.

"Masing-masing kejuruan ini kami arahkan pada ketrampilan teknis dan peningkatan kemampuan diri, serta motivasi bekerja baik untuk sektor industri atau wirausaha," katanya.

Menurut dia, kegiatan pelatihan berbasis kompetensi tahap pertama ini diikuti oleh 96 orang peserta dengan kegiatan yang ditawarkan seperti pelatihan menjahit, praktik aplikasi, pemasaran secara digital, tata boga, serta tata rias kecantikan.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini dapat dimanfaatkan oleh peserta dengan sebaik-baiknya agar mereka nantinya dapat meningkatkan kewirausahaan atau membuka usaha mandiri," katanya.

Perwakilan Balai Latihan Kerja Kabupaten Batang Andi Laksono mengatakan pelatihan tata boga ini akan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi warga yang akan membuka usaha pembuatan kue.

Pelatihan tata boga tersebut, kata dia, dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan serta potensi usaha saat ini.

"Jadi peserta kami latih untuk membuat kue donat dan nantinya bisa dikembangkan ke menu lainnya. Apabila mereka kreatif maka bisa jadi akan ada menu lain yang bisa mereka ciptakan sendiri," katanya.


Baca juga: Kemenaker siap berikan pelatihan kewirausahaan masyarakat Batang

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024