Karanganyar (ANTARA) - Pengunjung wahana wisata The Lawu Park di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu, pada liburan Lebaran hari kedua mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Di objek wisata itu, para pengunjung yang datang dari berbagai daerah terlihat dari plat nomor kendaraan, baik dari wilayah Solo Raya (Jateng), Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Mereka terlihat menikmati berbagai wahana yang disiapkan oleh pengelola wisata. Diperkirakan wisatawan mencapai  1.000-an orang pada liburan Lebaran tahun ini.

Manajer The Lawu Park Tawangmangu Anggun Nila Monica mengatakan pengunjung pada Jumat (21/4) mencapai 500 orang, pada Sabtu (22/4) mencapai 600 orang, dan Minggu ini hingga pukul 12.00 WIB tercatat 1.000 tiket terjual.

"Kami perkirakan pengunjung di wisata The Lawu Park Tawangmangu hingga Minggu sore bisa mencapai 1.500 orang atau meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa," katanya.

Tren peningkatan pengunjung diperkirakan terus meningkat selama liburan Lebaran ini, seiring dengan landai kasus COVID-19 di beberapa daerah.

Baca juga: Kota Lama Semarang dipadati pelancong Lebaran 2023

Kapasitas The Lawu Park dengan luas sekitar lima hektare itu, mecapai 4.000-5.000 pengunjung.

Pengelola juga menyediakan penginapan, yakni The Lawu Park Resort, untuk pengunjung yang ingin menikmati hawa sejuk dan pemandangan indah Gunung Lawu, baik pada malam maupun siang hari.

Sebanyak 30 kamar dengan harga mulai dari Rp330 ribu hingga Rp1,5 juta per malam.

Koordinator Lapangan The Lawu Park Tawangmangu Sumadi mengatakan harga tiket masuk The Lawu Park saat liburan Lebaran Rp25.000/orang atau naik dibandingkan dengan hari biasa yang Rp20.000.

The Lawu Park di Tawangmangu selain menyuguhkan wahana andalan berupa taman salju, juga lainnya seperti berkuda, flying fox, taman bunga, rumah pohon, jembatan jalatunda, jelajah Jeep, trail, highrope, taman kelinci, taman domba, tiga dimensi, Jeep mini.

Di The Lawu Park juga banyak swafoto deck, spot swafoto tematik, lokasi kamping, resto dan kafe dengan suasana udara yang sejuk dengan pemandangan Gunung Lawu.

Salah satu pengunjung berasal dari Kota Solo, Budi Begen, mengaku bersama keluarga berkunjung ke The Lawu Park Tawangmangu setelah selesai acara silaturahim Lebaran bersama keluarga.

"Kami bersama keluarga menyempatkan berwisata ke Tawangmangu untuk menikmati indahnya pemandangan pegunungan Gunung Lawu di Karanganyar," katanya. 

Baca juga: Pemkab Batang targetkan 40 ribu wisatawan saat liburan Lebaran
Baca juga: Objek wisata Pemkab Banyumas siap sambut libur Lebaran 2023
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : M Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024