Cilacap (ANTARA) - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap, Jawa Tengah, yang merupakan unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., mendukung program Mudik Gratis Mudik Aman Berkesan 2023 diselenggarakan pemerintah.

"Kami bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap turut serta menyelenggarakan program mudik gratis yang keberangkatannya menuju Cilacap dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, hari ini (17/4)," kata Community Relations Manager PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tbk Dewi Hestyani dalam keterangan di Cilacap, Senin.

Dia mengatakan secara keseluruhan ada delapan bus yang disediakan Pemkab Cilacap, dua di antaranya dari SBI.

Dia menjelaskan bus-bus tersebut diberangkatkan dari TMII Jakarta pada pukul 10.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Cilacap sekitar pukul 20.00 WIB.

Para pemudik yang mengikuti program mudik gratis Pemkab Cilacap tersebut merupakan warga dari berbagai wilayah di Cilacap, seperti Kawunganten, Sidareja, Adipala, Kroya, dan Cilacap perkotaan.

Dia mengharapkan dengan adanya mudik gratis, warga Cilacap yang merantau dapat mudik dan berbahagia berkumpul bersama keluarga besarnya untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

"Kami juga berharap kegiatan mudik ini berjalan lancar aman dan selamat, karena keselamatan adalah hal yang utama, tidak ada kompromi untuk keselamatan. Itu pesan yang kami tekankan kepada para awak bis dan semua penumpang, jangan ugal-ugalan di jalan dan patuhi semua rambu rambu lalu lintas," tegasnya.

Selain mudik gratis, SBI juga menyelenggarakan kegiatan Ramadhan Berbagi dengan menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat sekitar operasional PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap yang mencakup lima kecamatan, yaitu Jeruklegi, Kesugihan ,Cilacap Utara, Cilacap Tengah, dan Cilacap Selatan.

Dia mengatakan bantuan untuk wilayah Kecamatan Cilacap Selatan disalurkan melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kabupaten sebanyak 3.000 kilogram beras dan Koperasi Unit Desa (KUD) Minosaroyo sebanyak 2.000 kilogram beras.

"Beras yang kami salurkan sudah dalam kemasan masing-masing lima kilogram," jelasnya.

Ia mengatakan untuk Kecamatan Cilacap Utara dan Cilacap Selatan disalurkan kepada santunan anak yatim dan jompo sebanyak 350 paket sembako dan 5.204 kilogram beras, sedangkan untuk Kecamatan Jeruklegi serta Kesugihan berupan2.392 kilogram beras dan 125 paket sembako.

SBI juga memberikan kenang-kenangan kepada para takmir sebanyak 40 paket dan 2.000 paket makanan kecil bagi jamaah Shalat Tarawih di masjid yang dikunjungi Tim SBI. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024