Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Cilacap (KPI) RU IV Cilacap bekerja sama dengan Tim Sukarelawan Sekolah Relawan (SR) kembali berkontribusi untuk membangkitkan perekonomian warga penyintas erupsi Gunung Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kontribusi tersebut diwujudkan PT KPI RU IV Cilacap dengan menyalurkan bantuan berupa paket kandang ternak komunal yang diserahkan secara simbolis oleh Koordinator Relawan Semeru PT KPI RU IV Cilacap Rian Pratama Pribadi kepada perwakilan kelompok ternak, Rumpun Sutiarso, di area kandang komunal Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kamis (19/5).

Dalam kesempatan itu, Rian mengatakan berdasarkan hasil pemetaan Tim Sukarelawan SR bantuan senilai Rp27,8 juta tersebut diperuntukkan pengadaan 3 ekor kambing PE, 3 ekor kambing gibas, pembuatan kandang, pengadaan lahan pakan hijauan, dan pengadaan bibit tanaman buah. 

"Yang menarik dari program ini, tim juga melakukan pendampingan kepada kelompok peternak untuk memastikan keberhasilan program," katanya menjelaskan.

Ia mengharapkan program kandang ternak komunal tersebut menjadi sarana untuk membangkitkan perekonomian warga pasca-erupsi Gunung Semeru dengan memanfaatkan potensi lokal. 

Baca juga: Pertamina Cilacap bantu pembangunan huntara bagi penyintas erupsi Semeru

"Target jangka panjangnya adalah menjadikan wilayah penerima program sebagai sentra peternakan kambing karena memang di Dusun Sumbersari memiliki keunggulan di sektor itu," kata Rian.

Sementara itu, perwakilan kelompok ternak, Rumpun menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada PT KPI RU IV Cilacap bersama Tim Sukarelawan SR yang memiliki komitmen tinggi untuk membangkitkan perekonomian di sektor peternakan. 

"Kami sangat berterima kasih, program kandang komunal ini sangat bermanfaat. Semoga target menjadikan dusun kami sebagai sentra peternakan kambing bisa terwujud," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun, erupsi Gunung Semeru pada Desember 2021 mengakibatkan lebih dari 3.000 ekor hewan ternak yang mati, lebih dari 9.000 jiwa mengungsi, 62 jiwa meninggal dunia, dan hampir 3.000 unit rumah rusak.

Sementara bantuan dari PT KPI RU IV bersumber dari penggalangan donasi organisasi internal perusahaan seperti Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK), Baituzzakah Pertamina (Bazma), Persatuan Wanita Patra (PWP), Relawan Pertamina Peduli (Relpi), Badan Dakwah Islam (BDI), Badan Koordinasi Umat Kristiani (Bakor Umkris), dan Koperasi Pekerja Pertamina Wijayakusuma (Kopama). 

Baca juga: Sukacita siswa SD di kaki Semeru terima peralatan sekolah dari Pertamina Cilacap
Baca juga: Perilaku antikorupsi dukung keandalan operasional kilang Pertamina

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024