Purwokerto (ANTARA) - Warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tetap antusias untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas Sadiyanto.

"Alhamdulillah masyarakat tetap antusias untuk divaksin," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Menurut dia, hal itu terlihat dari antusiasme warga lanjut usia yang menjalani vaksinasi COVID-19 pada siang hari maupun malam hari selepas Shalat Tarawih.

Baca juga: Purbalingga jemput bola percepat vaksinasi lansia

Dalam hal ini, kata dia, layanan vaksinasi COVID-19 bagi lansia pada malam hari digelar di beberapa tempat, antara lain Puskesmas Purwokerto Timur 1, Puskesmas Kemranjen 2, dan Puskesmas Purwojati.

"Rata-rata peserta vaksinasinya berkisar 75-100 orang," katanya.

Kendati demikian, Dinkes Kabupaten Banyumas selama Ramadhan memperketat skrining terhadap kesehatan calon penerima vaksin guna meminimalkan risiko karena puasa dapat memengaruhi kebugaran tubuh.

Disinggung mengenai realisasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19, Sadiyanto mengatakan berdasarkan data hingga 25 April 2021 tercatat sebanyak 59.079 sasaran yang telah divaksin oleh Dinkes Kabupaten Banyumas.

"Sementara di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, komplek GOR Satria Purwokerto, hingga tanggal 25 April 2021 telah menjangkau 14.744 sasaran," katanya. 

Baca juga: Usai bertemu peneliti Vaksin Nusantara, Ganjar: Saya harus tahu progresnya
Baca juga: Ribuan pedagang tekstil di Solo divaksin COVID-19

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024