Purwokerto (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr. Anjar Nugroho melantik 10 dekan, Direktur Program Pascasarjana, dan 4 ketua lembaga di perguruan tinggi Muhammadiyah itu untuk periode 2020-2024.

Pelantikan yang dilaksanakan di Aula A.K. Anshori, Kantor Pusat UMP, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu, dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jateng Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.Kons., Sekertaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag., M.Pd., dan ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr. Budi Setiawan.

Saat memberi sambutan, Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho menyampaikan terima kasih kepada para pejabat lama yang telah melaksanakan tugas-tugasnya selama empat tahun sejak 2016 hingga 2020.

Baca juga: Berkembang makin pesat, UMP menuju Islamic Entrepreneur University

"Mudah-mudahan yang baru saja dilantik bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hal-hal prestasi yang telah diraih oleh para pendahulu untuk terus dikembangkan oleh dekan, Direktur Pascasarjana, dan ketua lembaga periode 2020-2024," katanya.

Lebih lanjut, Rektor mengatakan tantangan ke depan cukup banyak situasi yang disruptif, situasi yang pergerakannya tidak sempat dipikirkan. 

"Jadi perubahan yang tidak sempat kita pikirkan. Tahu-tahu ada perubahan. Apalagi ada menteri muda kita, Mas Nadiem Makarim yang baru saja melahirkan Permen (Peraturan Menteri) yang terus kita respons dengan jargon utamanya, Kampus Merdeka," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Purwokerto Prof. Dr. H. Baedhowi mengatakan UMP harus memiliki daya saing serta memiliki cita-cita yang tinggi. 

Oleh karena itu, kata dia, setiap fakultas di UMP yang belum membuka program pascasarjana (S2) diharapkan untuk membukanya.

"Minimal delapan (fakultas), karena satu fakultas tidak hanya satu prodi (program studi). Ada sekitar 45 prodi S1 yang sudah ada di UMP, sedangkan S2-nya baru tujuh prodi," katanya.

Baca juga: Prodi Teknologi Laboratorium Medik UMP raih akreditasi B

Kesepuluh dekan yang dilantik untuk masa jabatan 2020-2024 terdiri atas Drs. Eko Suroso, M.Pd. sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Drs. Makhful, M.Ag. sebagai Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), Dr. Naelati Tubastuvi, S.E., M.Si. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Ir. Teguh Marhendi, S.T., M.T., ASEAN.Eng., IPM. sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Sains (FTS), Sulistyani Budiningsih, S.P., M.P. sebagai Dekan Fakultas Pertanian (Faperta).

Selanjutnya, Dr. Nur’aeni, S.Psi., M.Si. sebagai Dekan Fakultas Psikologi, Didik Setiawan, Ph.D., Apt. sebagai Dekan Fakultas Farmasi, Soediro, S.H., LL.M. sebagai Dekan Fakultas Hukum, Ambar Pujiyatno, S.S., M.Hum. sebagai Dekan Fakultas Sastra, dan Dr. Ns. Umi  Solikhah, S.Kep., S.Pd., M.Kep. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Sedangkan Dr. Furqanul Aziez, M.Pd dilantik sebagai Direktur Program Pascasarjana, Dr Suwarno, M.Si sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayrakat (LPPM), Dr. Asep Daud Kosasih, P.Pd., M.Ag sebagai Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI), Watemin, M.P sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Instrusional (LPMPAI), dan Dr Pri Iswati Utami, M.Si., Apt sebagai Ketua Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPIP).

Dari belasan pejabat yang baru dilantik, tiga di antaranya merupakan pejabat lama yang kembali dilantik untuk periode 2020-2024, yakni Dekan Fakultas Sastra, Direktur Pascasarjana, dan Ketua LPPM. (tgr)

Baca juga: Biro SDM UMP persiapkan pegawai baru melalui Darul Arqam
Baca juga: Inilah pilihan program studi bagi yang ingin kuliah di UMP

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024