Purwokerto (ANTARA) - Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar kegiatan Darul Arqam guna menyiapkan kapasitas pegawai baru di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah itu.

Kegiatan yang diikuti 50 calon dosen dan tenaga pendidikan baru UMP itu digelar selama tiga hari, Kamis (9/1) hingga Sabtu (11/1), di sejumlah lokasi secara bergilir.

Kepala Biro SDM UMP Johan Haryanto, S.E. mengatakan pembukaan kegiatan Darul Arqam dilaksanakan pada hari Kamis (9/1) di Kantor Pusat UMP yang dilanjutkan dengan pembekalan di Hotel UMP hingga hari Jumat (10/1).

Baca juga: Inilah pilihan program studi bagi yang ingin kuliah di UMP

Selanjutnya, kata dia, seluruh peserta akan mengikuti kegiatan luar ruang di Kawasan Wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, pada hari Sabtu (11/1).

"Selama kegiatan ini, pegawai baru akan diperkenalkan materi tentang akademik dan nonakademik, karena Senin (13/1) depan sudah harus aktif di unit masing-masing," jelasnya.

Saat membuka kegiatan Darul Arqam, Wakil Rektor UMP Bidang Keuangan dan Aset Drs. H. Ikhsan Mujahid, M.Si. mengucapkan selamat datang dan bergabung di UMP kepada calon dosen dan tenaga pendidikan yang baru.

Baca juga: Tingkatkan kemampuan audit, dua lembaga internal UMP dilatih ISO 9001-2015

"Bapak, ibu, seluruh pegawai baru di UMP diwajibkan untuk mengikuti Darul Arqam. Jika di lingkungan pemerintah lebih dikenal dengan prajabatan," katanya.

Ia mengatakan selama mengikuti Darul Arqam, seluruh pegawai baru akan diperkenalkan dengan materi kemuhammadiyahan, bagaimana menjadi pegawai di UMP, dan mengerti tata kelola di UMP.

Setelah kegiatan tersebut, kata dia, pegawai baru akan menandatangani kontrak yang sudah disediakan dan bagi yang ingin menjadi pegawai tetap disarankan menggunakan surat rekomendasi dari unit yang ditempati.

"Bagi dosen yang masih S2 dan usianya di bawah 35 tahun, di UMP diwajibkan untuk melanjutkan studi doktor di luar negeri," ujarnya. (tgr).

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto berkomitmen ciptakan dokter yang unggul
Baca juga: UMP luncurkan Pusat Studi Dakwah Komunitas

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024